HUT SATPAM Ke 39, “Kapolres Sibolga AKBP Triyadi SH Membacakan Amanat Kapolri Jenderal Pol Drs Idham Azis MSi"

fokusliputan.com_Sibolga

Hari ini, Rabu tertanggal 22 Januari 2020 pukul 08.30 Wib, bertempat di Lapangan apel Polres Sibolga telah dilaksanakan HUT SATPAM KE - 39 TAHUN 2019 di Wilayah Kota Sibolga Sumatera Utara. Dengan Tema : "Satuan Pengamanan berbasis kopetensi mewujudkan SDM unggul untuk terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif dan terjaminnya keamanan dilingkungan kerja menuju Indonesia maju". 


Adapun selaku Inspektur upacara; Kapolres Sibolga AKBP Triyadi,SH, Perwira Upacara : Kasat Bhinmas Iptu Daniel, Komandan Upacara : Armada Sakti. Yang turut dihadiri juga Wakapolres Sibolga Kompol Sutrisno, SH,  Kabag Ops Kompol R.Sihombing, SH, Kabag Sumda Kompol Irianto,SH,  Kasat Narkoba AKP Rudi Sitorus, SH, Kasat Pol Air AKP R.Sihombing, SH, Kasat Sabhara AKP Gudo Siswoyo, S.Pd, Humas Polresta Sibolga Iptu R.Sormin,SAg. 


Mewakili Kasatpol PP Sibolga Faisal Lubis, Mewakili BPBD Sibolga_Kordinator Satpam BI Mayor (Purn) J.Sidabutar., Barisan Pama Polres Sibolga, Barisan Polres Sibolga, Barisan Satuan Pengamanan, Barisan Satpol PP Sibolga, Barisan Dishub Sibolga., Barisan BPBD Sibolga. Pengucapan janji Satpam oleh Joko SB. Winarta Satpam PLN. 


Dalam hal ini Kapolres Sibolga AKBP Triyadi,SH, membacakan amanat Kapolri Jenderal Pol  Drs Idham Azis,M.Si berupa himbauan kepada seluruh anggota Satpam untuk dipedomani dan dilaksanakan ; “Agar senantiasa menjaga kesehatan dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Allah SWT/ Tuhan YME. Tanamkan kehormatan dan kebanggaan sebagai Anggota Satpam dengan menjunjung tinggi profesionalisme dalam pelaksanaan tugas serta senantiasa teguh memegang kode etik dan profesi Satpam.“ Tingkatkan kesiapsiagaan sehingga setiap gangguan dapat ditangani dengan cepat dan tuntas. 


Terus tingkatkan Kopetensi diri, baik melalui pendidikan dan pelatihan, guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas. Tingkatkan kerjasama dan sinergisitas dengan TNI / Polri, Stakeholder dan elemen masyarakat guna memelihara stabilitas keamanan. Gelorakan budaya menanam pohon di lingkungan kerja dan disekitarnya guna mendukung program penghijauan pelestarian alam. 

Upacara dalam Rangka HUT Satpam Ke - 39 Tahun 2019 berakhir pada pukul. 08.40 Wib, berjalan dengan aman. 


Seperti kita ketahui sebelumnya; Satuan Pengamanan (Satpam/scurity) merupakan satuan kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi_badan usaha untuk melakukan keamanan fisik dalam rangka penyelenggaraan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya. Satpam, mitra Polri yang mengemban fungsi Wewenang Kepolisian Terbatas sesuai UU No 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia pasal 3c, mengingat tanggung jawab Satpam pun tidak kalah penting dibandingkan pekerjaan lainnya. Salah satunya menjaga ketertiban, memberikan keamanan dan kenyamanan serta pelayanan kepada karyawan, tamu, pengunjung dan masyarakat dilingkungan kerjanya. 

Definisi Satpam merupakan satuan kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi, proyek, badan usaha untuk melakukan keamanan fisik (physical security) dalam rangka penyelenggaraan keamanan swakarsa dilingkungan kerjanya. Pengertian 'satuan kelompok petugas' adalah satpam yang bertugas menempati pos penjagaan seorang diri maupun berkelompok. Jika berkelompok, tentu ada yang memimpin, apakah itu kepala satpam (dalam bahasa inggris disebut 'chief security') maupun komandan regu (danru) atau anggota senior dengan istilah 'yang dituakan'. Satpam yang bertugas umumnya berseragam, namun ada juga yang menggunakan pakaian preman atau dikenal dengan istilah 'pengamanan tertutup' karena tidak dikenali identitasnya sebagai satpam yang bertugas.

fokusliputan.com/Beta Simatupang