Kebakaran Hutan Lahan Di Padang Lawas Utara, " Kerugian 25 Hektar Kebun Sawit"

fokusliputan.com_Padang Lawas Utara

Peristiwa kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di desa Gunung Tua Jae, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Provinsi Sumatera Utara. Akibatnya, seluas 25 hektar lahan kebun sawit dilalap si jago merah, Selasa (17/09/2019). 


Petugas tim gabungan yang terdiri dari personel Koramil 05 PB, Polsek Padang Bolak, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Manggala Agni, beserta 3 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) berupaya memadamkan api di kebun sawit milik Wira Hendra (65) warga Jalan Sutomo, Kota Padang Sidimpuan ini. 

Kapolsek Padang Bolak, AKP Zulfikar SH yang turut serta ke lokasi kejadian mengatakan penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti. 

"Warga yang pertama kali melihat kebakaran api sudah membesar," jelas AKP Zulfikar. 

Puluhan warga dengan mempergunakan 15 unit pompa solo serta 15 buah ember berusaha memadamkan api agar tidak merembet ke lahan lainnya. Selain itu terlihat 1 unit mobil tanki air dan 1 unit Excavator turut serta dalam upaya pemadaman di lokasi kejadian. Pada pukul 16.00 WIB, api berhasil dijinakkan. 

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Paluta, Rustam Hasibuan saat dihubungi di lokasi kejadian menyampaikan, saat di musim kemarau serperti ini sangat diperlukan upaya pencegahan Karhutla di wilayah Paluta. "Diimbau kepada seluruh warga untuk tidak melakukan pembakaran baik itu di lahan perkebunan maupun membakar sampah di pekarangan atau di pemukiman. 

fokusliputan.com/ArifSiregar