Kebakaran Hutan Di Tapanuli Tengah Sumatera Utara,” Lebih Kurang 15 Hektar”

fokusliputan.com_Tapanuli Tengah

Untuk saat ini, (18/09/2019), korban jiwa dan korban rumah atau pondok yang ikut terbakar, masih Nihil. Dan untuk perkembangan lanjut akan segera disampaikan , ujar Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Sukamat melalui Iptu R Sipahutar.


Diinformasikan, Selasa (17 September 2019) waktu kejadian diperkirakan terjadi pukul 18.00 wib, terjadi kebakaran hutan. Lokasi areal Gunung Kampung sebelah, Desa Gunung kelambu Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah,  areal Gunung Albion Prancis Kecamatan Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Sumatera Utara. Lokasi kebakaran terletak disekeliling kebun karet milik Marga Panggabean. 

Petugas telah mendatangi lokasi. Turut meninjau lokasi TKP, Waka Polres Kompol Kamdani, Para Pju dan Personil Polres Tapteng, Kapolsek Pinangsori Polres Tapteng dan personil bersama masyarakat setempat, termasuk Mersal Batubara dan Mendrofa (penjaga kebun Karet milik marga panggabean). 

Selanjutnya, tim petugas berusaha memadamkan api namun tidak dapat dipadamkan dikarenakan objek yang terbakar tidak dapat dijangkau dikarenakan hutan belukar dan berbukit  dan api terlalu besar. 

“Tim pemadam kebakaran PNBP Tapteng tiba dilokasi dengan dua unit mobil pemadam, namun kendaraan justru tidak bisa masuk ke lokasi tersebut, dan Sebagian warga bersama personil polsek dan PNBP Tapteng sedang menaiki gunung untuk upaya pemadaman”. Diperkirakan luas lahan yang terbakar lebih kurang 15 HA".  


Menurut penuturan Mersal Batubara, “bermula asap dilihat mulai pukul 12.00 wib, yang berasal dari tengah hutan, kemudian mulai pukul 16.00 wib, api makin membesar dan menyebar. Hingga saat ini api masih menyala dan belum dapat untuk dipadamkan. 

Selanjutnya, hingga saat ini petugas PNBP Tapteng dan jajaran Polsek, Koramil Pinangsori yang dibantu masyarakat , masih terlihat standbay di lokasi kebakaran, guna mengantisipasi penyebaran api.