Aksi Unjuk Rasa Damai Mahasiswa Di Sibolga, “Kapolresta Sibolga Ucap Belasungkawa Atas Meninggalnya Ketua IMM Sulawesi Tengggara”

fokusliputan.com_Sibolga

Polresta Sibolga Sumatera Utara melakukan rangkaian pengamanan sesuai dengan SOP dengan mengedepankan Profesionalisme & Sikap Humanis yang langsung dipimpin oleh Kapolres Sibolga AKBP Edwin H. Hariandja,SIK,MH. Telah dilakukan Pengamanan terbuka, tertutup, pengaturan lalu lintas dan pengawalan seluruh rangkaian aksi Unras (unjuk rasa) di wilayah Kota Sibolga. (27/09/2019)


Selanjutnya, Satuan Intelkam telah melaksanakan Cipta kondisi terutama kepada para Key-Person elemen mahasiswa yang melakukan aksi unjuk rasa damai.  

Kepada fokusliputan.com_Iptu R.Sormin SAg didampingi Kasat intelkam Iptu Jonel Situmorang, Kasat Binmas Iptu Daniel Makawangkel mengatakan untuk kegiatan unjuk rasa damai oleh 2 (dua) Kelompok Mahasiswa di wilayah hukum Polres Sibolga,_Kelompok Mahasiswa IMM Kota Sibolga ke Mapolres Sibolga dengan aspirasi meminta Kepolisian untuk mengusut adanya korban meninggal dunia Mahasiswa di Prov. Sulawesi Utara. 


Kelompok Mahasiswa yang tergabung dalam aliansi Mahasiswa Sibolga - Tapteng ke DPRD Kota Sibolga dengan inti aspirasi menolak Revisi KUHP dan beberapa Kebijakan Pemerintah lainnya. Motivasi aksi yang dilakukan oleh kedua Kelompok Mahasiswa di wilayah Kota Sibolga adalah menunjukkan eksistensi dan rasa solidaritas mahasiswa dengan daerah lainnya di NKRI. Seluruh rangkaian aksi unjuk rasa damai berakhir pada pukul 17.45 Wib, berlangsung dengan aman, tertib dan lancar. 


Diinformasikan; aksi unjuk rasa damai oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Sibolga_Jumat tertanggal 27 September 2019 pukul 14.00 Wib, bertempat di Mapolres Sibolga Jalan Fl.Tobing Kota Sibolga. Adapun massa berjumlah 50 (lima puluh) orang, dengan penanggung jawab aksi Raja Partuturan Hutagalung  (Ketua IMM Sibolga) dan Kordinator Aksi Akbar Jambak. Aksi diawali dari Titik kumpul yaitu Kampus Muhammadyah Jala Damai Kota Sibolga kemudian bergerak menuju Polres Sibolga dengan menggunakan 1 unit truck cold diesel dan 7 unit sepeda motor dengan peralatan aksi berupa Sound Sistem, Toa, Spanduk, Bendera dan Karton. 

Adapun aspirasi disampaikan oleh IMM Kota Sibolga adalah meminta Bapak Kapolri mencopot Kapolda Sulawesi Tenggara. Meminta Pihak Kepolisian untuk mengungkap pelaku penembakan terhadap Mahasiswa IMM di Sulawesi Tenggara. Meminta Pelaku penembakan untuk diproses dan diberhentikan dari tugas Kepolisian. Kemudian pada pukul 14.15 Wib, Kapolres Sibolga AKBP Edwin H. Harianja, SIK,MH menerima orasi dari pengunjukrasa. Kapolres Sibolga mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya ketua IMM Sulawesi Tengggara pada saat melaksanakan unjuk rasa damai di Kantor DPRD Sulawesi Tenggara. Kapolres Sibolga  berterima kasih kepada mahasiswa yang telah mengingat Kepolisian untuk bekerja dengan Profesional.

Jumlah Mahasiswa yang melaksanakan unjuk rasa damai sekitar 200 (dua ratus) orang dengan Koordinator Aksi Raju Firnanda Hutagalung, yang terdiri dari 6 kampus sekolah tinggi di wilayah Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah, yaitu :


1. STITM (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah) Jalan Damai Kota Sibolga sebanyak 20 (dua puluh) orang dengan koordinator An. Raju Firmanda Hutagalung.

2. AKN (Akademi Komunitas Negeri) Sibolga, sebanyak 30 (tiga puluh) orang dengan koordinator Irsan Palupi.

3. STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) Al-Washliyah Sibolga-Tapteng, sebanyak 90 (sembilan puluh) orang dengan Korlap Zulfadli Akbar Nasution.

4. STAI (Sekolah Tinggi Agama Islam) Bahriyatul Ulum Kab.Tapteng, sebanyak 20 (dua puluh) orang dengan koordinator Ali Usman Simatupang.

5. STPK (Sekolah Tinggi Perikanan Kelautan) Matauli - Kab.Tapteng, sebanyak 20 (dua puluh) orang dengan koordinator Muhaimin Umri Nasution.

6. STPS (Sekolah Tinggi Perikanan Sibolga), Sebanyak 20 (dua puluh) orang dengan Koordinator Yovie Saorma Sihotang.

Konsolidasi aksi dititik kumpul pelataran Gedung Nasional Jl.DR.FL.Tobing Kota Sibolga. Kemudian melakukan aksi long march (Jalan Kaki) menuju Kantor DPRD Kota Sibolga yang beralamat di Jalan S.Parman Kota Sibolga.