Hasil Musyawarah Kami Di Desa, “Penggilingan Padi Inilah Yang Lebih Tepat Untuk Dikembangkan”

fokusliputan.com_Padang Lawas

Luar biasa untuk progam mensejahterakan masyarakat, khususnya petani. Kabar baik ini disampaikan melalui fokusliputan.com_ BUMDes Paya Hora Desa Padang Bujur akan segera diresmikan. 


Diinformasikan, berlokasi di Desa Padang Bujur, Kecamatan Padang Bolak Julu, Kabupaten Padang Lawas Utara Sumatera Utara , mendirikan salah satu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dinamakan BUMDes Paya Hora berupa  bentuk penggilingan padi yang akan diresmikan dalam 2 (dua) pekan mendatang (21/07/2019). 

Kepada fokusliputan.com_Kepala Desa Padang Bujur H. Ismail Ali Simamora saat ditemui menerangkan “bahwa penyertaan modal dari Dana Desa untuk BUMDes Paya Hora adalah Rp.494 Juta rupiah tahun anggaran (TA) 2018 yang diperuntukkan untuk pembelian mesin gilingan padi dan mendirikan bangunan penggilingan. "Insya Allah dalam beberapa pekan ini akan dilaksanakan peresmian penggilingan padi kita ini". 

Kepala desa tersebut menanggapi ; "Kami lihat potensi desa yang rata-rata penduduknya hampir 90 persen bertani padi, maka menurut hasil musyawarah kami didesa, penggilingan padi inilah yang lebih tepat untuk dikembangkan guna memudahkan petani yang ada didesa padang bujur. Luas areal persawahan di Aek Bustak desa Padang Bujur dan sekitarnya mencapai ratusan hektare. 

Keberadaan Penggilingan padi BUMDes Paya Hora sangat strategis bagi petani karena hanya berjarak ratusan meter dari areal persawahan. Sebagai penggerak, ini akan berdampak terhadap upaya peningkatan ekonomi petani, membantu biaya produksi petani dan masyarakat berkesempatan untuk ikut mengelola Penggilingin padi. 

Lanjutnya, dalam mendukung sepenuhnya , alokasi dana tahun anggaran 2019 juga disertakan yaitu untuk peningkatan sarana halaman penjemuran dan pengadaan angkutan.

fokusliputan.com/M.Arif Siregar PadangLawas