Bupati Lantik Enam Pj,”Memekarkan Desa, Bekerja Untuk Masyarakat”

fokusliputan.com_Blangkejeren

Bila terjadi gejolak di tengah masyarakat semasa pimpinan pejabat pengulu akan di evaluasi pejabat pengulu tersebut. Untuk itu menjadi tugas berat kita memperjuangakan kampung persiapan untuk didefinitifkan, namun itu kewenangan kemendagri untuk mengesahkan-nya, kita hanya bisa mengusulkan melalui Pemerintah Provinsi. 


Untuk kabupaten Gayo Lues kita mempunyai 11 kampung persiapan yang juga jarak-nya berjauhan dari kampung induk untuk menjalankan pemerintahan kampung maka dari itu dimekarkan. Pernyataan tersebut ditegaskan H.Muhammad Amru selaku Bupati Gayo Lues saat melaksanakan pengukuhan enam pejabat Pengulu Kampung untuk dua kecamatan. 

Selanjutnya, untuk kecamatan Putri Betung Pj Pengulu yang di lantik meliputi kampung Kungke Jaya,kampung Meloak Aih Ilang, kampung Jeret Onom dan Kampung Pintu Gayo. Sedangkan dari kecamatan Pantan Cuaca yang baru di mekarkan seperti kampung Pantan Kota dan kampung Ise-ise. 

Seusai pelantikan, Amru menambahkan menurut aturan dari pemerintah pusat untuk wilayah Sumatra dengan jumlah 4000 jiwa serta 800 kepala keluarga untuk persyaratan memekarkan desa. Di harapkan pengulu yang di lantik harus bisa bekerja untuk masyarakat, karena pengulu persiapan anggaraannya sedikit yang di bantu oleh Pemkab selebihnya harus harus bergantung dengan kampung  induk nya dan juga urang tue-nya merangkap kampung induk dengan kampung persiapan. 

Dalam pelantikan turut dihadiri Wakil Bupati Gayo Lues H.Said Sani, Asisten I Pemkab Gayo Lues, Perwakilan DPRK dan sejumlah SKPK serta Camat Putri Betung Muhammad Jon SPd dan Camat Pantan Cuaca dan juga tokoh masyarakat dari kampung persiapan tersebut. 

fokusliputan.com_MDAUD/Aceh