Rapat Koordinasi Pengembangan Government Resource Program Gayo Lues Tahun 2019, “IT Dan Aplikasi”.

fokusliputan.com_ Gayo Lues

Government Resource Program merupakan sistem pemantauan kinerja dan manajemen dan administrasi dalam ruang lingkup suatu Pemerintahan. Penerapan manajemen ini akan menggunakan IT dan aplikasi yang sesuai dengan sistem. 


Hal ini dilakukan tentunya untuk mendapatkan informasi yang transparan dan terpantau dengan baik dari setiap SKPK dilingkungan Pemerintahan. Bupati Gayo Lues H.Muhammad Amru, memimpin Rapat Koordinasi Pengembangan Government Resource Program (GRP) Gayo Lues Tahun 2019. Rapat koordinasi tersebut bertempat di Aula Bapedda Gayo Lues, Jumat (10/05/2019). 

Dalam arahan dan bimbingan, Bupati Gayo Lues H.Muhammad Amru, menyampaikan “beberapa waktu lalu, sudah kami sepakati mengenai perkembangan IT ini dengan Tim Kompak sebagai Fasilitator. Saya berharap tim IT yang sudah disiapkan dapat dikumpulkan dan kita koordinasikan kembali apa saja nanti yang akan menjadi tanggung jawab mereka. Sehingga mulai Tahun 2019 ini harus sudah mulai kita siapkan. Dengan Rapat Koordinasi ini kita bisa sepakat langkah-langkah apa yang harus kita lakukan. Kemudian untuk pengembangan IT ini, tentunya juga harus ada kerjasama kita dengan pihak penyedia jaringan aplikasi elektronik. 

Namun walaupun demikian program aplikasi ini, jangan sampai mengobrak abrik administrasi kita yang telah ada. Hal tersebut tentu juga harus kita pertimbangkan sehingga sistem IT dan elektronik yang kita kembangkan ini bisa mengatur sistem administrasi kita menjadi lebih baik lagi. 

Asisten II Muhammad Noh,S.Pd, menyampaikan "untuk mengembangkan IT ini, saya rasa hal yang pertamakali kita lakukan adalah menyiapkan tenaga IT atau yang ahli di bidang ini, yang siap bekerja full time. Kemudian kita siapkan alat serta kebutuhan lain untuk menunjang. Sehingga kita bisa lebih terbuka dalam melaksanakan program kerja. Selanjutnya untuk perencanaan kita perlu mengadakan rapat kembali dengan pihak terkait dan fasilitator serta menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan. 

Sementara itu, Asisten III Ir.Bambang Waluyo memberikan tanggapannya; "Goverment Resource Program ini akan berjalan, apabila tim tenaga ahli atau IT sudah ada dan alatpun sudah tersedia. Dan dalam hal ini tim IT ini harus memiliki kapasitas yang sesuai dengan yang seharusnya. Dan apabila ini sudah kita terapkan berarti tranfaransi kita setiap SKPK juga akan sangat dituntut agar program ini berjalan baik. 

Diinformasikan oleh Sekretaris Bapedda, Muhaimin,ST.M.Ec Dev. “untuk pelaksanaan GRP ini, dibutuhkan tenaga IT sekitar 10 orang yang menguasai IT dan Database. Dan untuk tenaga programmer dibutuhkan sekitar 5 (lima) orang. Namun sementara masih ada 8 (delapan) orang ASN dari berbagai SKPK yang sudah kami siapkan, itupun baru 2 (dua) orang yang full menguasai bidangnya. Sisa lainnya sudah memiliki dasar dan akan kita perdalam kembali keahliannya. 

Selanjutnya kami hanya berharap Tim ini dapat dibuatkan SK oleh Bupati agar program ini terlaksana dengan baik. Hadir dalam rapat koordinasi ; Bupati Gayo Lues H.Muhammad Amru. Asisten II Muhammad Noh,S.Pd. Asisten III Ir.Bambang Waluyo. Kabag Ortala, Sekretaris Bapedda Gayo Lues, Perwakilan BKPSDM Gayo Lues, dan Tim IT yang dipersiapkan. 

fokusliputan.com_MDaud/Aceh