Penandatanganan Dokumen Kerjasama Dengan Kelompok Tani,” Pihak Unicef Lestari Akan Sediakan Bibit”

fokusliputan.com_Aceh

Pihak BBTNGL menjalin MOU dengan Kelompok Tani di Putri Betung Aceh. Diinformasikan, pihak Balai Besar Taman Nasional Gunung Lauser (BBTNGL) bersama lima kelompok tani desa Putri Betung dan desa Gumpang Lempuh mendatangi MOU perjanjian pelestarian hutan taman Nasional Gunung Lauser. 


Penandatangan tersebut berlangsung di aula kantor camat putri betung, (Kamis, 09/05/2019) disaksikan Camat Putri Betung serta perwakilan dari dinas Bapeda, instansi Lingkungan Hidup serta Dinas Pertanian Kabupaten Gayo Lues , unsur Muspika dan tokoh elemen masyarakat setempat. Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Balai Besar TNGL Ir.Jefri Susyafrianto, MM dengan Ketua Kelompok tani dari dua desa setempat. 

Dalam sambutan-nya, Jefri Susyafrianto menyampaikan bahwa penandatanganan dokumen kerja sama dengan kelompok tani tersebut, bertujuan agar masyarakat bisa melestarikan kekosongan hutan menjadi hutan konservasi. 

Lanjutnya, untuk itu kita bersama pihak Unicef Lestari akan menyediakan bibit keras yang bermanfaat bagi masyarakat untuk ditanami dilahan kosong, untuk mencegah terjadinya longsor dan bencana lainnya di wilayah TNGL. 

Atas kerja sama tersebut, diyakini bahwa masyarakat yang berdomisili diwilayah TNGL bisa menjaga kelestarian hutan untuk keberlangsungan kehidupan flora dan fauna-nya. 

Dalam waktu bersamaan, Camat Putri Betung Muhammad Jon menuturkan ‘atas kerja sama antara kelompok tani dari desa Putri Betung dan desa Gumpang Lempuh dapat menguntungkan kedua belah pihak , apabila lahan yang telah dimanfaatkan oleh masyarakat dapat dibebaskan. 


Selanjutnya, saya menjamin tidak ada lagi terjadi perambahan hutan untuk kedepannya. Karena masyarakat yang telah telanjur membuka lahan pada kawasan TNGL bukan untuk mencari kekayaan, melainkan mencari sesuap nasi serta menyekolahkan anak-anak mereka. Setelah acara usai, pihak BBTNGL melakukan buka puasa bersama yang di gelar di rumah dinas camat setempat.

fokusliputan.com_M.Daud/Aceh