Gunung Angrek Di Gayo Lues Aceh, "Yang Tersembunyi Belum Di Promosi”

fokusliputan.com_Gayo Lues

Menurut Pengulu, jarak tempuh dari jalan nasional Kutacane Blangkejeren tidak begitu jauh, diperkirakan sekitar 8 KM, namun fasilitas jalan tidak mendukung , sehingga tidak di promosikan ke luar kecamatan Putri Betung.

Berbagai jenis ragam bunga angrek yang tumbuh liar pada pegunungan desa
Ramung Musara/fokusliputan.com/foto: M.Daud

Gunung angrek yang terletak di desa Ramung Musara kecamatan Putri Betung itu masih jauh dari jangkauan warga yang punya hobi menikmati panorama alam yang terkandung di sana. Berbagai jenis ragam bunga angrek yang tumbuh liar pada pegunungan desa Ramung Musara. 

Dengan kekayaan alam yang masih asri juga terdapat juga air terjun di lokasi kawasan gunung angrek, juga terdapat tumbuhan kantong semar yang mengelilingi pemandangan pengunungan tumbuhan bercampur batu-batuan. Dengan sejumlah bunga yang belum punya nama , ikut mengindahkan hutan angrek dengan cuaca sejuk serta masih asli dari tangan jahil manusia. Walaupun kondisinya masih tersembunyi dari masyarakat Gayo Lues maupun Provinsi Aceh. 



Menurut warga Saripudin Rahman Pengulu desa Rambung Musara , (Senin 25/03/2019 mengatakan, apabila di buka akses jalan ke lolasi gunung agrek dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sini. Selama ini gunung angrek tersebut selalu kami jaga, terutama ada orang yang mencoba mencari batang angrek untuk di jual, selalu kami larang karena keberadaan gunung angrek sebagai kebanggaan kami sediri dan selalu kami awasi keselamatannya.  

Lanjut Pengulu bersama warga disana , untuk jarak tempuh dari jalan nasional Kuta Cane Blangkejeren tidak begitu jauh,di perkirakan sekitar 8 KM,namun fasilitas jalan tidak mendukung sehingga tidak di promosikan ke luar kecamatan Putri Betung ini. 

“Semoga Pemkab Gayo Lues dapat membangun fasilitas jalan kelokasi gunung angrek, agar dapat menarik simpati wisatawan lokal maupun Manca Negara untuk berkunjung kesana, sehingga di yakini dapat meningkatkan pendapatan daerah (PAD) serta membuka lapangan kerja untuk masyarakat di sini", harapnya.

fokusliputan.com M.Daud