Waka Polres Sibolga Irup Apel Gelar Pasukkan Dalam Rangka Ops Lilin Toba 2023-2024

fokusliputan.com_ Polres Sibolga Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Toba - 2023, Waka Polres Sibolga Kompol Diarma Munthe, SH, sebagai Pimpinan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba - 2023 dalam Rangka Pengamanan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 di Wilayah Kota Sibolga, yang bertempat di Lapangan Simaremare Kota Sibolga, Kamis (21/12/2023) pukul 08.00 Wib. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Mewakili Walikota Sibolga Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Kota Sibolga Drs. Rudolf S. Butar Butar, Mewakili Dandim 0211/TT Pasintel Kodim Lettu CKM M. Irwanto, DanDenpom I/2 Sibolga Letkol CPM Muhammad Kholiq, Mewakili Dan lanal Sibolga Dandenpomal Kapten Laut (PM) Pipin Siagian, Mewakili Satradar 234 Sibolga Letda Lek Bagus, Karetaker GMKI Sibolga Torang Panggabean, Mewakili Kajari Sibolga Muhammad Junio Ramandre, SH, MH, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Sibolga Arya Wirawan Panjaitan S.Pd, Ketua MUI Kota Sibolga Ustad. H. Zainun Sinaga, Ketua FKUB Sibolga Drs. H. Nurdiswar Jambak, MA, M.Sc, OPD Kota Sibolga, Pejabat Utama Polres Sibolga, serta Instansi terkait lainnya.


Waka Polres Sibolga membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si dalam Pelaksanaan Gelar Pasukan Ops Lilin Toba - 2023 menyampaikan bahwa Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan Personel maupun Sarana Prasarana, sehingga Pengamanan dapat terselenggara secara Optimal dan Perayaan Natal Tahun 2023 serta Tahun Baru 2024 dapat berlangsung dengan aman dan kondusif.

Perayaan Nataru Tahun 2023-2024 ini juga berketepatan dengan Masa Kampanye Pemilu Tahun 2024, sehingga memiliki Potensi Kerawanan yang lebih Tinggi. Oleh sebab itu, dalam Rangka Pengamanan Nataru Tahun 2023-2024, Polri didukung TNI, Pemda, Mitra Kamtibmas Dan Stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan Sandi “Operasi Lilin 2023” selama 12 hari, mulai 22 Desember 2023 s/d 02 Januari 2024. 

“Operasi ini melibatkan 129.923 Personil yang terdiri dari TNI-Polri Serta Stakeholder terkait lainnya yang ditempatkan pada 1.668 Pos Pengamanan, 670 Pos Pelayanan, dan 113 Pos Terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek Pengamanan”

Ancaman Terorisme juga menjadi Tantangan yang serius. untuk itu, kedepankan deteksi dini dan Preventive strike untuk mencegah pelaku teror melancarkan aksinya, serta lakikan penjagaan ketat pada pusaf keramaian maupun tempat ibadah agar kita dapt memastikan tidak ada letupan sekecil apapun dalam pelaksanaan ibadah natal ataupun malam pegantian tahun. 

Pada pengamanan perayaan Malam Tahun baru, Lakukan Pengamanan pada setiap giat keramaian dengan maksimal, terutama yang melibatkan massa dalam jumlah besar. selain itu, lakukan pengaturan lalu lintas dan pengamanan pada lokasi kegiatan secara humanis serta tingkatkan pengamanan pada lokasi kegiatan secara humanis serta tingkatkan pengawasan distribusi handak komersial maupun petasan agar kegiatan berjalan dengan aman.

Selanjutnya Hal yang paling penting adalah terus tingkatkan sinergitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas, karena hal tersebut merupakan kunci utama keberhasilan Operasi.

Usai pelaksanaan Apel Gelar Pasukan, saat dikonfirmasi Waka Polres menyampaikan bahwa Operasi Lilin Toba - 2023 di Polres Sibolga yang berlangsung selama 12 hari kedepan melibatkan 120 Personil Polri didukung TNI, Pemko Sibolga dan Instansi terkait dengan mendirikan 5 Pos antara lain, Pos Pengamanan : 1 (Pos Pengamanan di Pelabuhan Lama), Pos Pelayanan : 1 (Pos Pelayanan Simpang Aido) dan Pos Terpadu : 3 (Pos Terpadu Pelabuhan Pelindo, Pos Terpadu Pelabuhan ASP Sibolga dan Pos Terpadu Terminal Sibolga) di Wilayah Kota Sibolga.

‘Semoga Perayaan Nataru di Wilayah Kota Sibolga dapat berlangsung dengan aman, nyaman, lancar dan Kondusif” tutup Waka Polres. 

fokusliputan.com/betasimatupang