Bagaimana Siswa Nyaman Belajar; Bila Kondisi Bangunan, Sangat Memprihatinkan

fokusliputan.com_Bekas Mes Guru SDN Terancam Abruk. Beberapa unit Mess Guru kondisinya sangat memprihatikan. Sangat disesalkan, hampir semua Mess guru tersebut tidak layak dihuni.

Mungkin disebabkan,kondisi bangunan telah termakan usia dan dua unit rusak berat serta salah satu nya hampir roboh. 

Sedang untuk program dari dinas Pendidikan Gayo Lues tahun anggaran 2021 hanya sebatas rehabilitasi satu unit ruangan kegiatan belajar (RKB) dan pembangunan MCK. 

Armansyah salah satu tokoh pemuda Gayo Lues dan juga Ketua Perkumpulan Jurnalis Demokrasi Indonesia Nusantara (PJID-N) kepada Wartawan pada Senin (20/12/2021) mengatakan, sangat di sayangkan kondisi SDN 7 Kuta Panjang saat ini. Dengan di biarkan nya satu unit mungkin bekas Mess guru kondisinya sudah miring juga terancam ambruk seakan-akan dibiarkan saja oleh dinas terkait,maka di biarkan bangunan tua tersebut bisa membawa bencana bagi siswa nya saat berada di lingkungan sekolah. 

Menjadi pertanyaan besar, lanjut  Armansyah; baru tahun 2019 lalu, di bangun toilet sekolah melalui program swakelola, tahun ini di bangun lagi toilet baru dengan jaraknya sangat berdekatan. 

Menurutnya; seharusnya bangunan lama itu dibenahi dahulu,dan saat ini bangun tua menjadi perusak pemandangan pada lingkungan areal SDN 7 Kuta Panjang.

Dalam hal ini, Kepala Dinas Pendidikan Gayo Lues Kasimudin,ST.MP di coba di konfirmasi lewat WhatsApp namun konfirmasi belum  tercapai. 

Selanjutnya, Hasan sebagai PPTK kegiatan di sekolah dasar menjelaskan via ponselnya, mengatakan;  untuk SDN 7 Kuta Panjang tahun ini ada satu ruangan RKB kita lakukan rehabilitasi dan satu unit toilet. Untuk keberadaan dua toilet di sana,satu untuk para guru dan satunya untuk murid.

FOKUS LIPUTAN LOKASI; 
Posted By; Mhd Daud Aceh

www.fokusliputan.com