4 Point Kesimpulan; “Aceh Lauser Antara, Kembali Di Gaungkan 6 Kabupaten”

fokusliputan.com_Aceh

Bupati Gayo Lues melalui Kabag Humas Drs Buniyamin S menjelaskan; dalam pertemuan tadi, disepakati empat poin kesimpulan. Pertama, perjuangan pemekaran provinsi ALA harus digelorakan kembali. 


Dalam hal ini, Bupati Gayo Lues akan menyambangi tiga kabupaten yang tidak hadir dalam pertemuan tersebut masing-masing_Bupati Aceh Tenggara, Bupati Singkil, dan Bupati Subusalam. Untuk melakukan pertemuan lanjutan dalam waktu dekat dengan tuan rumah kabupaten Aceh Tengah, dan segera membentuk panitia kecil," ujarnya Jum'at, (18/09/2020).

Dilanjutkan Kabag Humas ; untuk kesepakatan kedua, isu tentang pemojokan suku Gayo dan Plt Gubernur Aceh_Nova Iriansyah_dapat dijadikan pelajaran dan dianggap sudah selesai, serta diharapkan tidak terulang kembali. Diminta kepada oknum-oknum yang memecah belah persatuan masyarakat Aceh, secara keseluruhan diminta untuk berhenti membuat isu rasisme.

Dilanjutkan, untuk poin ketiga;; disepakati menyangkut masalah cek 400 kg emas milik Lebe Ali yang dipinjam Soekarno-Hatta, - agar dicek kembali kebenarannya dan mengumpulkan data-data yang diperlukan untuk menelusuri kebenarannya.

Poin terakhir (point ke-empat); diharapkan kepada semua pemerintah daerah, tokoh masyarakat dan semua elemen, untuk menyatukan barisan, menghilangkan perbedaan dalam rangka mewujudkan kesepakatan diatas.

Selengkapnya diinformasikan dalam release press. Masyarakat yang berada di wilayah tengah meliputi Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Tenggah, Aceh Singkil Bener Meriah Kota Madya Sibulus Salam , dan  kembali merumuskan untuk Pemekaran Provinsi Baru  di Provinsi Aceh. Namun beberapa tahun lalu, tokoh masyarakat pernah memperjuangkan kepemerintah pusat, agar membentuk Satu Provinsi lagi di Aceh dengan nama Aceh Lauser Antara (ALA).

Namun perjuangan tersebut sempat padam. Namun, kali ini tokoh masyarakat kembali berjuang untuk membentuk Provinsi Baru di Aceh, supaya pembangunan dapat merata di setiap pelosok di wilayah tengah Aceh.

Dalam musyawarah untuk pembentukan Provinsi ALA. Bupati Gayo Lues, H Muhammad Amru mengundang 4 (empat) Bupati dan 4 (empat) pimpinan DPRK di wilayah tengah  yaitu;; Bupati Aceh Tenggara (Berhalangan-hadir), Bupati Aceh Tengah diwakili oleh Asisten II H Harun Manzola SE beserta anggota DPRK Aceh Tengah Zihar Firdaus ST dan Abadi Ayus. Sementara dari Bener Meriah dihadiri oleh Sekretaris Daerah Drs Haili Yoga MSi.

Turut hadir Wakil Ketua DPRK Gayo Lues_Ibnu Hasyim, asisten III Gayo Lues Bambang, Penyusun Buku Pintar Iwan Gayo, dan Drs Ramli S mantan Sekda Gayo Lues. Pertemuan tersebut berlangsung di ofroom Sekdakab Gayo Lues, Jum'at (18/09/2020).

fokusliputan.com/MDaud Aceh