Simulasi Pilkada 2020 Di Sibolga Sumatera Utara, "Antisipasi, Diprediksi Rusuh"

fokusliputan.com_Sibolga

Dalam hal ini, Polres Sibolga Sumatera Utara mempersiapkan diri, guna mengantisipasi. Melalui Simulasi Pilkada ini, Polres Sibolga melakukan pengamanan mulai saat Kampanye Paslon (pasangan calon) hingga perhitungan suara berlangsung. Yang diprediksi akan terjadi kerusuhan. (19/08/2020)


Dalam simulasi ini ; Polisi dari Polres Kota Sibolga Sumatera Utara, akan melakukan 4 (empat) langkah antisipasi, bila terjadi kerusuhan dalam Pilkada 09 Desember 2020 yang akan datang. Keributan seperti ini, merupakan yang dimungkinkan akan terjadi pada saat Kampanye Pilkada 2020, yang diduga dilakukan pendukung Calon Kandidat Walikota Sibolga Sumatera Utara. 


Dalam kerusuhan pasca masa kampanye ini, Polisi mengamankan situasi keributan, yang diduga dilakukan salah satu pendukung calon, hingga terjadi bentrok antara Polisi dengan massa pendukung. Kerusuhan juga terjadi pada saat perhitungan suara. Dimana sejumlah protes dilakukan pendukung calon, yang diprediksi kalah dalam Pilkada Kota Sibolga. Hingga berujung perampasan kotak suara ditingkat Kelurahan. 

Polisi melakukan tindakan pengamanan, hingga berhasil menangkap sejumlah pelaku perampasan, dan Polisi berhasil mengamankan kotak suara dari tangan perusuh Pilkada itu. 

Humas Polres Sibolga Iptu R Sormin mengatakan ; 4 situasi ini, merupakan antisipasi yang dilakukan Polres Sibolga dalam Pilkada 09 Desember 2020 nanti. 

Selanjutnya, tenaga pelatih dari Detasemen C Brimob Sipirok dibawah pimpinan Iptu M.Siagian dan pelatihan sejak 18 s/d 19 Agustus 2020. Dan Rangkaian pelatihan sudah mencakup tugas fungsi lantas atur lalin kegiatan Pilkada. Jumlah personil yang melaksanakan pelatihan sebanyak 101 orang. Demikian.


fokusliputan.com/BetaSimatupang