Akan Dilakukan Peresmian Tambak Runggu Sabungan Siburian Sihonongan

fokusliputan.com_HUMBANG HASUNDUTAN

Adapun kegiatan yang akan dilakukan keturunan generasi Pomparan Runggu Sabungan Siburian Sihonongan yang terletak di jalan Merdeka Lumban Sialaman, akan melakukan peresmian Tambak leluhur Runggu Sabungan Siburian Sihonongan. (29.09.2018)


Sebelumnya, Pohon Hariara masih berdiri diatas tempat leluhur, sudah mencapai lebih puluhan tahun dan kurang mendapat perhatian generasi cucu-cicinya. Belum diketahui pasti dikarenakan apa . Bila dilihat dari silsilah nya : Raja Simatupang memiliki 3 anak : Togatorop, Sianturi, Siburian.

baca juga : http://www.fokusliputan.com/2018/04/tarombo-siburian-runggu-sabungan.html

Siburian memiliki dua anak : Tuan Nahum dan Tuan Napang. Tuan Nahum-Guru Soonangon-Guru Sororangon. Guru Sororangon memiliki dua anak yaitu : Raja Sionang (lumban Sihonongan Siaro) dan Tuan Turutan Lumban Barat.  Kemudian Raja Sionang memiliki anak : Ompu Hapal, Ompu Runggu Sabungan, Ompu Pande Raja, Ompu Simihim, Nagabe Miak.

FOKUS LIPUTAN, mencoba mencari tahu dimana keberadaan letak Runggu Sabungan tersebut. Setelah mendapat informasi berbagai sumber, letak leluhur Runggu Sabungan berada di jalan Merdeka Desa Lumban Sialaman Kecamatan Paranginan Humbang Hasundutan, arealnya tidak jauh dari kantor kepala desa disana.  

Alhasil, setelah dilakukan penebangan Pohon hariara, dan pada tanggal 15 Agustus 2018, peletakan batu pertama telah dilakukan, pengerjaan membuat tambak telah berlangsung baik tidak ada halangan, dan dapat disampaikan dalam proses pengerjaannya , tukang (pekerja) dan pomparan Runggu Sabungan sehat-sehat semua. Tepat tanggal 28.09.2018, informasi yang kita terima dari daerah tersebut, proses pengerjaannya telah rampung, tingal menunggu kesiapan membuat acara makan bersama (acara kecil-kecilan).

Kepada FOKUS LIPUTAN, turunan Op.Biduan LumbanSiantar
-Op Silintang Tiga Dolok /-Ompung Reno Siburian Parsibolga  (29.09.2018) mengatakan Ya, benar, ini kita lakukan atas niat pribadi kita. Sumbangsih kita untuk pembuatan Tambak leluhur. Ini hanya sebatas pembuatan Tambak, pemagaran saja. Kalaupun ada generasi lain yang ingin melanjutkan menjadi Tugu, silahkan. Karena kegiatan ini adalah kegiatan bersama, berkelanjutan. Sekali lagi, saya tidak pernah berjanji membuat Tambak tersebut, setelah mendapat informasi, sudah saatnya tempat leluhur tersebut kita beri perhatian.

Tak hanya itu, Siburian parsilangit bandara mengatakan, dari dulu sudah saya rencanakan pemagaran tambak leluhur Runggu Sabungan, tapi tak pernah berhasil. Sudah kompaknya setuju semua, tapi ada saja halangan. Syukurlah, Tambak Leluhur kita sudah rampung, sehat sehat kita semua. Dari semua anak Raja Sionang yang memiliki anak : Ompu Hapal, Ompu Runggu Sabungan, Ompu Pande Raja, Ompu Simihim, Nagabe Miak, hanya Runggu Sabungan yang berdiri Pohon-nya kurang mendapat perhatian. Hari ini, kita sudah senang, Tambak leluhur Runggu Sabungan Siburian Sihonongan sudah bagus.

Dapat diinformasikan, akan dilakukan Peresmian Tambak Runggu Sabungan Siburian . Informasi sementara akan dilakukan makan bersama khususnya dongantubu (dihuta bonapasogit), syukuran kecil-kecilan.**



Bahan refrensi

RUNGGU SABUNGAN Siburian (br Siahaan)
anakna : 
(a) Raja Runggu Malela (Bunta Raja )
(b) Raja Marhite Ombun

= Raja Marhite Ombun Siburian anaknya :
Op.Siimbangon
Op Rumata

= Op Rumata Siburian anaknya :
Ama Rumata Sibual
Op.Huama

= Op Huama Siburian anaknya :
Appanuntun, Siludang, 
Op Situan Doli, 
Op Duaksa Tarutung.

= Appanuntun Siburian anaknya :
Appanuruk, 
Op Tanga Digaroga

= Appanuruk Siburian anaknya :
1) Op Lemba (Padangbolak)
2) Appa Ngihuri (Sidikalang)
3) Op Haba Sigumpar-OpRumina-Op Sundung. 
informasi yang kita terima tanggal 9.9.2018 
bahwa Op.haba bukan di sigumpar, 
tapi di sigompul lintong nihuta humbahas. 
menurut Efendi Siburian (akun fb)

4) Op.Biduan LumbanSiantar
5) Appa Rerak Sitampurung

= Op Biduan Lumbansiantar ; mempunyai 6 anak ;
(1) Op Ama Biduan
(2) Op Mangaliun Tigadolok Marsaur
(3) -Op.Ampa Nangkil (Ombun Siburian)
-Op.Silintang Tiga dolok (A.Simatupang Op Reno Siburian Sibolga)
-Ama Sahat Inderapura
(4) Op.Tumalam.
(5) Op Barita Parsilando.
(6) -Op Sarme tuan kobun Paranginan
-Op Tiurlan
-Op Sahat
-Op.Pasal

Catatan : Kegiatan ini dilakukan atas ide gagasan kita dari Garis Keturunan Op Biduan LumbanSiantar –Op Silintang Tigadolok Op Reno Simatupang Siburian Sibolga.

INFORMASI DAPAT MENGHUBUNGI : 
(NADIHUTA LUMBAN SIALAMAN PARANGINAN) 
khusus generasi muda yang ingin mencari tarombonya, bonapasogitnya.


-Op.Gibson Doli Siburian Runggu Sabungan (0812-6399-8057)
-Amani rahman Lumban Siantar Siburian (0852-0630-3131)
-Ama Sumurung Runggu Sabungan Lumban Siantar (0812-6329-7856)
- (0813-9630-0086 ) siburian parsilangit bandara.

Op Gibson, Amani Gibson, Amani Rahman, Op.Elisabet, Ama Desi, Ama Linca, Ama Sumurung, Amani Bahanas, Ama Sepdi, Ama Awan, Amani samuel, Op.Bintang, Op.Bahanas, Op.Sepro,Op.Renata, Amani Muliani. Amani Elisabet, Op.Prancis Pekanbaru, Op.Reno Dolok Marsaur Sibolga.


FOTO SEBELUM DIBENTUK TAMBAK 
PEMAGARAN PONDASI

Dokumentasi : 













Hasil Yang Telah Dicapai Atas Misi Gerak Cepat / Penggagas ), agar para generasi Muda mudi keturunan Runggu sabungan Siburian Mengetahui . "Ingkon Tapasada do rohatta, alai ingkon talean do rohatta, badanta padaodao, tondi tai marsigonggoman.