Di Maluku, PT Antam, Akan Kelola Tambang Emas, Lokasi Gunung Botak

fokusliputan.com_ "Jika saja dalam satu tahun pertambangan gunung botak bisa mengeluarkan 100 ton emas, maka dalam satu tahun daerah bisa mendapatkan 100 triliun"

Diinformasikan; Dari Kabupaten Buru Maluku. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku Sadali Le saat kunjungan baksos di Kabupaten Buru mengatakan saat ini pertambangan emas ilegal gunung botak di Kabupaten Buru Maluku hanya dapat memberikan dampak lingkungan akibat pencemaran-pencemaran yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Kamis 22/6/2023

Menurutnya, dalam kehadiran Letjen Jenderal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) Doni Monardo bersama PT Mind Id dan PT Antam dalam menangani industri pertambangan di Indonesia;

Kami sangat mengharapkan adanya suatu rancang dalam rangka penataan pengelolaan Gunung Botak menjadi wilayah izin usaha perkembangan dan wilayah pertambangan rakyat.

Ini akan kita kumpulin yang bersifat modern dengan tradisional artinya apa yang menjadi hak-hak kepemilikan masyarakat adat tidak terabaikan.

Dengan hadirnya PT Antam ini semoga dapat mendorong peningkatan pendapatan asli daerah terutama Kabupaten Buru.

Selain itu terkait dengan niat baik PT Mind ID dan PT Antam ini, kami mengharapkan dan menghimbaukan seluruh stakeholder beserta lapisan Masyarakat khususnya di bumi bupolo untuk menyambut niat baik.

Kehadiran perusahaan ini, akan menjawab seluruh masalah yang terjadi, salah satunya seperti masalah pengeluaran emas di gunung botak yang tadinya bersifat ilegal kini menjadi ilegal.

Digambarkannya jika saja dalam satu tahun pertambangan gunung botak bisa mengeluarkan 100 ton emas maka dalam satu tahun daerah bisa mendapatkan 100 triliun.

Untuk itu Pemerintah Maluku sangat memberikan apresiasi atas kehadiran perusahan tersebut, agar pengelolaan tambang yang tadinya ilegal akan  menjadi legal.

fokusliputan.com/SofyanSE