Penanaman Bibit Kelapa Kopyor, Disepanjang Pantai, Program Ketahanan Pangan, Dana Desa (DD) Tahap 1 Tahun 2023.

fokusliputan.com_Pemerintahan Desa (Pemdes) Rajabasa Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan melakukan penanaman bibit kelapa kopyor disepanjang pantai dari program ketahanan pangan Dana Desa (DD) tahap pertama Tahun 2023. 

Penanaman bibit pohon kelapa kopyor tersebut turut dihadiri dan disaksikan oleh Babinsa Rudianto, Babhinkamtibmas Aibda Wawan Stiawan, Sugeng Perwakilan dari Camat Rajabasa, Purwatina dari Pendamping Desa dan jajaran aparatur desa setempat. 

Hermansyah Kepala Desa Rajabasa menyampaikan bahwa, penanaman dilakukan untuk mengurangi risiko potensi angin laut  yang biasa terjadi metika musim angin selatan dan angin barat dan juga pemanasan global. 

“ada sekitar 275 pohon bibit kelapa jenis kopyor yang ditanam di sepanjang pantai di wilayah Desa Rajabasa ini,” ujarnya. Selasa,(16/5/2023) 

Penanaman juga dilakukan untuk lebih menghijaukan dan meningkatkan keindahan alam di sepanjang Pantai Rajabasa. 

"Saya harap masing masing RT dan masyarakat apa yang sudah ditanam, dapat di rawat kedepannya. Sehingga dapat tumbuh dengan baik, dan memberikan manfaat kedepan" tegasnya. 

Sugeng ini memperkuat desa supaya masyarakat kedepan agar masyarakat dapat merawat. 

Sementara Sugeng perwakilan dari Camat Rajabasa Sabtudin sangat mengapresiasi serta menyambut baik Pemdes Rajabasa dalam aksi penanaman bibit pohon kelapa ini. 

"Ini sangat penting, selain mengurangi hempasan angin laut juga untuk mengurangi pemanasan global dan kedepannya masyarakat dapat memanfaatkan hasil buahnya, terlebih yang di tanam ini kelapa jenis kopyor yang memiliki nilai jual tinggi" pungkasnya. (Imron)