Pemerintahan Desa Tejang Pulau Sebesi, Menggelar Musrenbangdes TA 2023

fokusliputan.com_ emerintahan Desa Tejang Pulau Sebesi Kecamatan Rajabasa Lamsel Menggelar Musrenbangdes tahun anggaran (TA) 2023, jum'at (11/11/2022)

Hadir Kepala Desa Tejang Pulau Sebesi Sarmani didampingi Ketua BPD beserta jajaran, Kasie Pertanahan Kecamatan Rajabasa Hendry, Kasie Trantib Arlizon,SH dan Pendamping Desa Purwatina.

Kepala Desa Tejang Pulau Sebesi Sarmani dalam Sambutannya Mengucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat yang sudah turut hadir pada musyawarah ini, juga kepada Tim Kecamatan yang juga sudah hadir sitengah tengah kami malam ini" ucap sarmani.

Pelaksanaan Musrenbang ini lanjut Sarmani, guna menentukan dan menyepakati bersama sama apa yang menjadi prioritas pembangunan didesa Sebesi ini pada tahun 2023 mendatang.

Saya Berharap Musyawarah ini bisa berjalan dengan lancar dan apa yang menjadi usulan dapat terealisasi sesuai dengan anggaran yang kita miliki didesa" tambahnya

Sementara Camat Rajabasa yang diwakili Kasie Ekobang Fadli Sekaligus membuka pelaksanaan musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa tejang Pulau Sebesi.

Pada kesempatan  tersebut Camat Rajabasa yang di wakili Kasie Ekobang Fadli berpesan agar dalam Musrenbangdes kali ini guna menetapkan hasil dan keputusan RKPDes 2023 yang baik, bermanfaat bagi masyarakat desa serta dapat memajukan desa tejang pulau sebesi ini. 

Musyawarah ini sangatlah penting dalam menentukan langkah untuk melakukan pembangunan sesuai permintaan masyarakat di masa yang akan datang dan Pemdes juga menentukan pembangunan dengan skala prioritas. 

"Harapan kita semoga dengan Musrenbangdes ini dapat berdampak positif bagi kemajuan desa Tejang Pulau Sebesi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat" ucapnya

Ditempat yang sama Pendamping Desa Purwatina menyampaikan, sesuai dengan peraturan menteri desa nomor 8 tahun 2022 prioritas penggunaan Dana Desa (DD) Tahun 2023 diarahkan untuk percepatan pencapaian tujuan SDGs yang meliputi. 

1. Pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa. diantaranya pendirian, pengembangan dan peningkatan kapasitas pengelolaan BUM Desa atau BUM Desa bersama dan pengembangan desa wisata. 

2. Program prioritas nasional sesuai kewenangan desa diantaranya, perbaikan dan konsolidasi data SDGs Desa dan pendataan perkembangan desa melalui IDM, ketahanan pangan nabati dan hewani, pencegahan dan penurunan stunting, peningkatan kualitas sumber daya manusia warga desa, peningkatan keterlibatan masyarakat secara menyeluruh dalam pembangunan dan pembersayaan masyarakat desa, perluasan akses layanan kesehatan, dana operasional pemerintahan desa (Maksimal 3%), penanggulangan kemiskinan terutama kemiskinan ekstrem dan BLT DD untuk mendukung penghapusan  kemiskinan ekstrem. 

3. Mitigasi dan penanganan bencana alam dan non alam sesuai kewenangan desa. 
Ditambahkan juga oleh Purwatina  terkait bidang kesehatan dan kebersihan lingkungan, dirinya berharap Budaya Gotong royong yang sudah berjalan didesa sebesu ini dapat lebih ditingkatkan dari sebelumnya demi kenyamanan dan Kesehatan bersama.tutupnya.(Ali imron)