Jangan Asal, Pelihara Monyet; Monyet Ekor Panjang, Melukai Anak Usia 6 Tahun

fokusliputan.com_ Berdasarkan assesment terakhir yang dilakukan IUCN pada tahun 2022, monyet ekor panjang sudah masuk kedalam kategori Endangerd/Terancam punah. 

Dengan begitu harapannya pemerintah dapat segera memberikan umpan balik dari penetapan status dari monyet ekor panjang ini dan sesegera mungkin memasukan spesies ini kedalam satwa yang dilindungi.

Warga berharap, pihak Balai Konservasi KSDA segera menindaklanjuti kejadian yang menimpa seorang anak.

Diinformasikan; hewan peliharaan monyet ekor panjang  milik R - BPD desa jondong lepas. Hewan peliharaannya telah melukai seorang anak kecil usia 6 tahun yang sedang lewat didepan rumah nya.

TKP, terjadi di depan rumah pemilik hewan (monyet) tersebut, hewan tersebut menyerang anak, akibatnya mengalami luka bekas di bagian tangan kaki, dan pelipis mata serta di kepala, oleh monyet ekor panjang, peliharaan nya, 26/10/2022

Khawatir dengan kejadian tersebut, orangtua Sianak, langsung membawa anaknya ke Rumah Sakit Bob Bajar Kalianda Lampung Selatan , untuk mendapat pertolongan (guna antisipasi), untuk mendapat suntikan anti rebies.

Apa lagi monyet yang dipelihara dapat meningkatkan risiko penularan penyakit dari hewan ke manusia maupun sebaliknya (zoonosis), misal penyakit TBC, rabies dan virus lainnya. 

"Imron selaku orang tua mengatakan " monyet tersebut milik bapak Roni selaku ketua BPD, tapi saya tidak tau kejadian nya, karena saya lagi kerja dan ditelpon oleh isteri disuruh pulang.

Tapi menurut warga yang melihat monyet tersebut, memang lepas tidak di ikat oleh pemilik nya, dan langsung menerkam anak saya yang sedang jalan arah pulang kebetulan lewat depan rumah pemilik monyet tersebut.

Hingga saat ini, " Saya sangat kecewa karna sampai saat ini pemilik monyet tersebut tidak bertanggung jawab, apalagi datang menanyakan keadaan anak saya, karna kondisi Anak masih trauma, dengan kejadian tadi.

Update ; 02/11/2022, diinformasikan saudara Roni selaku ketua BPD (pemilik /yang memelihara monyet tersebut , telah datang kerumah orangtua Sianak, (guna itikad baik), silahturahmi berjalan dengan baik.

fokusliputan.com/AliiMron