Polres Sibolga Laksanakan Giat FGD Bersama Dengan Pemko Sibolga, Pertamina Sibolga & Stakeholder Terkait; Terkait Dalam Kenaikan BBM

fokusliputan.com_ Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja,SH,SIK pimpin kegiatan Focus Group Discusiin (FGD) dengan mengikut sertakan Pemko Sibolga,Pertamina Sibolga,stokeholder.

Terkait dalam rencana Pemerintah akan menaikkan Bahan Bakar Minyak (BBM) pada hari Kamis,1 September 2022 di aula Wira Pratama Polres Sibolga pukul 09.30 wib.

Kegiatan tersebut dihadiri
- Walikota Sibolga diwakili staf ahli Bustanul Aripin,ST
- Dandim 0211/TT diwakili Kasdim 0211/TT Mayor Inf. T.M. Khar
- Kabag Ops Polres Sibolga AKP Asmon bufitra, S.H., M.H
- Kasat Lantas Polres Sibolga AKP Suprihanto P, S.H,MH
- Kasat Narkoba Polres Sibolga AKP Sugiono, SH, MH
- Kasi Humas AKP R.Sormin,S.Ag
- KBO Satuan Intelkam  Iptu Martua Sinaga
- Mewakili Danlanal Sibolga Kapten Muhammad Ikhlas
- Mewakili Kejari Sibolga Kartijo Reonal Tamba
- SA Depot Pertamina Sibolga Agung Nurhamanto P
- Sales Brands Maneger (SBM) 1 Pertamina Sibolga Muhammad Affiyana Alhilmi
- Mewakili ketua PN Sibolga  Andreas Napitupulu, S.H., MM
- Kabid Dinas Perindag Sibolga Ananta Siregar
- Pengurus Cabang PBB Sibolga An. Nasrul
- MCS/CS PP. PPN Sibolga An. Nurdin A Batee
- Wakil HNSI Sibolga An. M. Thalib
- Ketua KNTM Sibolga An. Immat Lubis
- Kabid Pertanian Sibolga Rejeki Panggabean
- Wakil Sekretaris HNSI Sibolga Mardhika Syaputra Pasaribu
- Kabid Dinas Kominfo Pemko Sibolga Rachmat Miranda
- Ketua MBI Sibolga Margono
- Seluruh Camat sekota Sibolga serta Lurah sekota Sibolga
- Perwakilan tiap tiap pemilik SPBU sekota Sibolga.

Sambutan Walikota yang dibacakan oleh staf ahli Walikota Sibolga Bustanul Arifin,ST

a. Menjadi kewajiban bersama mensosialisasikan dan mengedukasi kepada masyarakat kita, tentang rencana pemerintah melakukan penyesuaian kenaikan harga BBM 

b. Kenaikan tersebut tentu sudah melalui kajian-kajian ilmiah, maupun kajian teknis terkait dengan kenaikan harga BBM tersebut walaupun belum terjadi dimasyarakat kita, bahkan untuk BBM non subsidi sampai dengan hari ini ada penurunan sekitar 11 sampai 12%, melalui momen FGD ini marilah kita mendiskusikan bahwa ini adalah program Nasional, program Pemerintah dan kita adalah stakeholder yg diharuskan mengedukasi ke masyarakat, sesuai dengan tupoksi kita agar tidak ada gejolak-gejolak yang terjadi terkait dengan rencana kenaikan harga BBM khususnya di kota Sibolga.
c. Kitalah yang menginformasikan dan menyampaikan kepada masyarakat bahwa kenaikan BBM bukanlah suatu hal yang membuat kiamat daerah kita, kenapa saya sampaikan ini karena memang mau tidak mau program ini harus jalan demi terlaksananya pembangunan, hal ini sudah melalui kajian-kajian baik itu ilmiah maupun teknis di pemerintah pusat, kita yang di daerah hanya mengikuti, menjalankan dan juga mengedukasi masyarakat.  

Penyampaian dari SA Pertamina Agung Nurhamanto P ; 
1. Apabila pembelian BBM JBT dan JBKP perlu dan wajib dilakukan pencatatan nomor kendaraan untuk mengetahui penyaluran BBM bersubsidi tersebut tepat sasaran  bagi pembeli minyak bio solar yang mana diatur sesuai Kep No. 04 /P3JBT/BPH MIGAS/KOM/2020 tentang Pengendalian Penyaluran Jenis BBM tertentu oleh Badan Usaha Pelaksanan Penugasan pada konsumen pengguna transportasi kendaraan bermotor untuk angkutan orang atau barang.

2. Adapun ketentuan pembelian sbb :
- Kendaraan perseorangan roda 4 maksimal : 60 liter per hari.
- Kendaraan bermotor umum angkutan barang/orang roda 4 maksimal : 80 liter per hari.
- Kendaraan bermotor umum angkutan barang/orang roda 6 atau lebih maksimal : 200 liter per hari selama bukan angkutan Pertambangan, Hasil Perkebunan, Kehutananan, CPO, Angkutan Kayu, Tambang Batuan, Batubara , Mixer Semen.

3. Sedangkan untuk pembelian dengan jerigen diatur melalui Rekomendasi sesuai Peraturan BPH No 17/2019.
4. Adapun tahapan pelaksanaan pendataan kendaraan bermotor dilakukan, sbb :
• Pendataan : Tahapan registrasi dan pendataan konsumen kendaraan yang benar dan sesuai melalui aplikasi My Pertamina.
• Transisi : Masih diperkenankan untuk ruang pembelian tanpa pendataan kendaraan sambil melakukan persiapan menuju implementasi.
• Implementasi : pembelian BBM JBT/JBKP hanya diperbolehkan  untuk kendaraan yang telah terdaftar dalam My Pertamina.

 Penyampaian dari Dinas Perindag Sibolga yang disampaikan Kabid Perdagangan Ananta Siregar 
1. Pada saat ini harga cabai, bawang memang mengalami kenaikan, namun bukan hanya di daerah kita, adapun penyebab kenaikan harga cabai dan bawang di karenakan harga pupuk yg melambung tinggi.

2. Dinas Perindag kota Sibolga dengan instansi lain telah melakukan rapat koordinasi membahas terkait permasalahan kenaikan harga cabai dan bawang.

3. Perindag kota Sibolga telah melakukan monitoring terkait kenaikan cabai dan bawang.

Penyampaian dari Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja S.H., S.I.K 

1. Kami adakan acara FGD (Focus Group Discusion) ini berdasarkan arahan dari bapak Kapolri dua hari yang lalu melalui zoom meeting terkait rencana kenaikan harga BBM di Indonesia.

2. Polres Sibolga mengajak kita semua untuk mensosialisasikan, menginformasikan dan menyampaikan kepada masyarakat dalam rangka antisipasi kenaikan harga BBM untuk menjaga Kamtibmas yang kondusif khususnya di kota Sibolga.

3. Meminta kepada pihak SPBU agar memperhatikan tangki mobil yang mengisi ulang BBM nya hingga dua kali  dalam waktu yang berdekatan dikarnakan tidak mungkin pemilik kendaraan mengisi kendaraannya hingga dua kali melakukan transportasi di kota Sibolga yang tidak begitu luas. 

4. Kapolres Sibolga menyampaikan telah memerintahkan Sat Reskrim Polres Sibolga untuk menindak pelaku penyalahgunaan BBM subsidi apabila ada ditemukan penyimpangan distribusi di SPBU serta meminta kepada masyarakat Sibolga agar menginformasikan apabila menemukan penyalahgunaan BBM bersubsidi.

5. Personil Satuan Intelkam Polres Sibolga telah melakukan monitoring dan pendataan di 2 SPBU terkait rencana kenaikan BBM.

Masukan dari Ketua BKAG kota Sibolga 
a. Berharap kepada pemerintah, utk mendahulukan pengguna kenderaan bermotor dalam mengisi BBM di SPBU
b. Menurut pengamatan bahwa yang  menikmati subsidi BBM tersebut, yaitu mobil-mobil mewah seperti Fortuner, apa mereka tidak malu mengisi BBM dengan memakai subsidi, hal ini harus segera ditertibkan. 

Rapat Koordinasi pelaksanaan kegiatan FGD (Focus Group Discussion) oleh Polres Sibolga, Pemko Sibolga, pihak Pertamina dan Stakeholder terkait dalam rangka antisipasi dampak rencana penyesuaian harga BBM di wilayah kota Sibolga dan semua pihak yang hadir dalam FGD tersebut berkomitmen untuk bersinergi dengan Polres Sibolga guna mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif

fokusliputan.com/betasimatupang