KMP Jatra II; PT ASDP Indonesia Ferry Persero, Turut Mendukung Festival Krakatau 2022

fokusliputan.com_Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno menyampaikan; 

Bahwa Festival Krakatau 2022 turut menopang kebangkitan ekonomi Provinsi Lampung. Sejarah Gunung Krakatau mempunyai daya tarik dan keindahan tersendiri dimana destinasi wisata di Lampung sangat unggul dan berdaya saing global. 

Menurutnya, penyelenggaraan Festival Krakatau yang diadakan rutin tiap tahun ini mampu menyuguhkan kearifan lokal, seni budaya serta edukasi yang sangat menarik dikemas dalam bentuk tour Krakatau. "Ini ke depan harus disiapkan paket perjalanan untuk menarik kunjungan bagi para wisatawan, karena Gunung Krakatau memiliki nilai sejarah berkelas dunia. Kita perlu siapkan paket wisata dengan konsep yang berkualitas.

Dalam hal ini, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) turut mendukung Festival Krakatau 2022, kegiatan kepariwisataan tahunan terbesar di Bumi Ruwa Jurai-Lampung yang pada pelaksanaan perayaan puncak ke-31 tahun ini yang merupakan bagian dari Kharisma Event Nusantara 2022. 

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi turut menyambut kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dan juga Gubernur Lampung sebagai tuan rumah gelaran Festival Krakatau Tahun 2022 yang berlangsung semarak pada acara puncak yang diselenggarakan di Terminal Eksekutif Anjungan Agung Bakauheni, Lampung pada Sabtu (27/08/2022).

Ira mengatakan, ASDP turut berperan aktif dalam mendukung tren pariwisata daerah khususnya wilayah Lampung mengingat ASDP menjadi tulang punggung transportasi penyeberangan yang menghubungkan dua Pulau Terbesar di Indonesia, Jawa dan Sumatera melalui lintasan Merak - Bakauheni. 

"Sesuai dengan visi ASDP, kami hadir menghubungkan masyarakat dan pasar tidak hanya melalui layanan jasa penyeberangan-pelabuhan terintegrasi tetapi juga tujuan wisata waterfront. ASDP hadir dan turut berperan dalam memajukan pariwisata Lampung. Kami mengapresiasi Festival Krakatau 2022 yang berlangsung meriah tahun ini sebagai event pendukung promosi pariwisata Lampung dan juga meningkatkan kembali jumlah kunjungan wisatawan sebagai bentuk pemulihan dan peningkatkan kembali roda perekonomian masyarakat melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," tutur Ira. 

Tahun 2022 ini, ASDP mendukung kegiatan Festival Krakatau dengan mengoperasikan KMP Jatra II sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Semarak Budaya Krakatau dan Tour Krakatau yakni perjalanan tour ke perairan Gunung Anak Krakatau di Kabupaten Lampung Selatan yang membawa 100 peserta Tenaga Kesehatan (merupakan trip reward  selama penanganan COVID-19), 30 peserta Lampung Familiarization Trip, 20 peserta Media Online, Fokorpimda, Jajaran Pemprov Lampung dan Tamu Undangan dari kabupaten kota se-Provinsi Lampung.

KMP Jatra II adalah salah satu kapal yang dioperasikan ASDP. Nama Jatra sendiri merupakan kepanjangan dari Jawa - Sumatera, yang juga sebagai kapal pertama ASDP di lintasan tersibuk Merak - Bakauheni.

Kapal ini dibangun di galangan Jepang Shimoda Shipyard oleh Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan yang memiliki spesifikasi panjang 90,79 meter dan lebar 15,6 meter dengan bobot 3902 GT. Kapal ini mampu mengangkut 527 orang penumpang dan 54 unit kendaraan campuran.

Adapun Festival Krakatau sendiri dikenal sebagai wadah apresiasi, puncak kreatifitas bagi seniman, budayawan dan masyarakat Lampung serta momentum pengingat erupsi Gunung Krakatau tahun 1883. 

Hal yang sangat penting yaitu membangun kesadaran awareness masyarakat Lampung bahwa Lampung memiliki sebuah festival, gelaran besar yang mengangkat kekayaan dan pesona seni budaya, tradisi dan keindahan alamnya.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam sambutannya menyampaikan bahwa sektor kepariwisataan dan ekonomi kreatif mulai kembali bergeliat dengan pelaksanaan berbagai festival di daerah, salah satunya Festival Krakatau 2022 di Lampung ini.

"Pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi prioritas visi misi saya sebagai Gubernur yakni mewujudkan Provinsi Lampung kaya Festival. Dalam hal ini kita terus mematangkan pengembangan kepariwisataan Lampung. Kuncinya, kita harus berkolaborasi, berinovasi dan beradaptasi dengan kondisi saat ini dan menyesuaikan tren pariwisata global, dan terus berkarya dan inovatif, menciptakan peluang baru untuk mewujudkan masyarakat Lampung Berjaya," ujarnya. 

Menurutnya, pembangunan sektor kepariwisataan Provinsi Lampung telah mendapat perhatian khusus dari pemerintah Pusat. Dimana pada tahun 2021 lalu, telah dimulainya Ground Breaking Kawasan Pariwisata Terintegrasi Bakauheni Harbour City pada tanggal 27 Oktober 2022 yang juga merupakan inisiasi proyek bersama PT ASDP Indonesia Ferry. 

"Alhamdullilah juga, pada triwulan II-2022, pertumbuhan ekonomi Lampung mengalami peningkatan sebesar 9,12 persen dibandingkan triwulan I, dan merupakan pertumbuhan ekonomi tertinggi se-Indonesia. Mudah-mudahan kita bisa terus mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang tinggi untuk mendukung pembangunan Lampung di berbagai sektor, termasuk sektor pariwisata," ujarnya.

fokusliputan.com/AliiMron