Pemberian Kikat Hanuang; Adat Adalah Sebagai Adap, Etika Yang Sopan Santun

fokusliputan.com_ Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kalianda Ikhwan Amanat, S. Pd. mendapatkan Kikat Hanuang Bani dari Pangeran Tihang Marga Desa Kesugihan Kecamatan Kalianda.


Kamis (7/7/2022). Penyerahan dan penyematan Kikat Hanuang itu diserahkan/dipasangkan langsung oleh Pangeran Tihang Marga ke sosok Ikhwan Amanat sebagai tanda angkon kemuakhian serta sebagai bentuk kasih sayang.

“Adinda ku…saat ini dinda di angkon sebagai bentuk kasih sayang dan itu Ku berikan (Kikat Hanuang) ini salah satu simbul dari kearipan lokal yang ada di Way Handak atau sekarag di sebut Kalianda. Dengan hal tersebut agar kelak bisa dinda lestrikan dan diketahui juga bahwa di sini (Kalianda) ada budaya,” ungkap Pangeran Tihang Marga.

Menurut Pangeran Tihang Marga Budaya harus lestarikan agar kelak tidak tergerus oleh jaman, dan kadang orang menilai adat alat untuk propokasi, padahal tidak demikian. Adat adalah sebagai adap, etika yang sopan santun. “Adat itu merupakan warisan nenek moyang kita yang harus terus dijaga dan kita sama-sama lestarikan, adat juga sebagai alat pemersatu ini sebagai kontribusi kita kepada Negara Republik Infonesia yang kita ini,” terang Pangeran Tihang Marga.

Sekali lagi…pemberian Kikat Hanuang kepada adinda itu ya… sebagai tanda terima kasih dan penghargaan tokoh adat, semoga hal tersebut bisa memberikan mativasi bapak Ikhwan yang sehari-hari berprofesi sebagai Guru dan Kepala sekolah, selain itu juga semoga ini akan bisa mewujudkan kemajuan dan kedepannya atas kinerja yang baik mudah-mudahan bisa mencerdaskan anak-anak untuk menjadikan generasi calon pemimpin yang baik bagi masyarakat,” tambah Pangeran Tihang Marga.

Ikhwan Amanat S.Pd mengucapkan banyak terima kasih dan merasa sangat bangga telah di angkon oleh Pangeran Tihang Marga Desa Kesugihan. “Amanat ini akan saja jaga dan lestarikan, jujur saya kaget, saya tidak nyangka, Hal ini saya enggak meminta, tidak ada pemberitahuan sebelumnya. Saya tidak bisa berkata-kata lagi lagi atas penyematan ini. Apalagi silsilah saya Jawa, Tapi mungkin dari hati beliau Pangeran Tihang Marga tiba-tiba memberikan ini kesaya, jujur saya dengan kerendahan hati saya terima, amanat ini akan saya jaga,” ungkap Ikhwan yang merasa sangat bangga atas pemberian Kikat Hanuang dari Pangeran Tihang Marga Desa Kesugihan Kalianda secara langsung itu.

fokusliputan.com/AliiMron