Kapoktan Desak Pemda Buru; Perbaiki Jalan Usaha Tani Desa Parbulu

fokusliputan.com_ Ketua gabungan kelompok tani (Gapoktan), Desa Parbulu, Maluku.  Budiono (49) mengatakan, sangat perihatin dengan kondisi jalan tani, yang dinilai sangat mengganggu aktivitas para kelompok tani.Sabtu(05-03-2022)

"Akses jalan ini ada lima kelompok tani yang menggunakan akses jalan tersebut, namun dengan kondisi seperti ini, kita merasa kasihan juga," apalagi tiap musim warga kerja bakti untuk memperbaiki jalan kata Budiono saat diwawancarai.




Dirinya mengungkapkan, sebelum terjadi kerusakan, hasil panen biasanya dimuat sebanyak 20 karung.warga juga merasa terkendala jika musim hujan,karena jalan semakin rusak parah untuk dilewati.

"Sekarang para petani cuman bisa angkut 12 karung, jadi kita sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah, tolong perhatikan kita punya jalan tani ini, kerena ini untuk kepentingan orang banyak," ucapnya.

Menurutnya, kerusakan jalan itu sepanjang 3 kilo, dan pernah  disampaikan kepada pemerintah daerah, ketika ada pertemuan, namun sampai hari ini belum direalisasikan.

"Semoga dalam waktu dekat, jalan tani ini dapat diperhatikan dan diperbaiki, supaya petani bisa beraktivitas dengan lancar dan aman" harapnya.

Selain jalan tani, saluran irigasi yang mengaliri 125 hektar sawah, dengan volume 6 kilo, juga mengalami kerusakan cukup parah.

Hal itu juga dapat berpengaruh terhadap kerusakan jalan tani.tutur budiono

fokusliputan.com/ Adams