Dinilai Langgar Aturan Pertandingan, Askab PSSI Paluta Cabut Rekomendasi Turnamen Babinsa Cup

fokusliputan.com_ Karena dianggap telah melanggar aturan penerapan pertandingan, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Asosiasi Kabupaten Padang Lawas Utara (Askab Paluta) Sumatera Utara.

Mencabut rekomendasi pelaksanaan turnamen Babinsa Cup.

Pencabutan rekomendasi tersebut tertuang dalam surat keputusan nomor : 10/ASKAB-PALUTA/III/2022 tanggal 28 Maret perihal pencabutan rekomendasi yang ditandatangani oleh ketua PSSI Askab Paluta Abu Daud Siregar bersama Sekretaris Dedi Harahap SH.

“Hasil telaah kita, pelaksana kegiatan Babinsa Cup telah melanggar point nomor 1 pada surat rekomendasi Askab PSSI Paluta yaitu ‘penerapan pertandingan berdasarkan laws of the game’. Karena itu kita mencabut rekomendasi pelaksanaan turnamen tersebut,” katanya, Selasa (28/03).

Ia mempertegas bahwa turnamen yang rekomendasinya dicabut tersebut adalah turnamen Babinsa Cup Aek Sigama tahun 2022 yang digelar di lapangan stadion mini Sigama Ujung Gading.
“Sebelumnya rekomendasi yang dikeluarkan Askab PSSI Paluta untuk turnamen Babinsa Cup adalah yang di Aek Sigama atau lapangan stadion mini Sigama Ujung Gading. Artinya rekomendasi turnamen tersebutlah yang kita cabut,” terangnya. Kepada tim fokus Liputan 

Berikut isi surat Askab PSSI Paluta tentang pencabutan rekomendasi yang ditujukan kepada panitia pelaksana turnamen Babinsa Cup tersebut antara lain :
Sehubungan dengan surat Askab PSSI Paluta nomor : 02/ASKAB-PALUTA/II/2022 tertanggal 03 Februari 2022 perihal rekomendasi pelaksanaan turnamen sepakbola Babinsa Cup. Setelah Askab PSSI Paluta telaah, pelaksana kegiatan tersebut telah melanggar point nomor 1 pada surat rekomendasi Askab PSSI Paluta yaitu ‘penerapan pertandingan berdasarkan laws of the game’.

Berkenaan dengan hal tersebut, maka Askab PSSI Paluta menyampaikan hal sebagai berikut :
1. Mencabut rekomendasi pelaksanaan turnamen Babinsa Cup.
2. Mencabut izin rekomendasi wasit yang bertugas di turnamen Babinsa Cup.

Menurut pantauan tim fokus Liputan Akibat dari pencabutan rekomendasi pelaksanaan turnamen Babinsa cup tersebut beberapa tim sepak bola di bawah naungan askab PSSI Paluta disinyalir menyatakan mengundurkan diri, diantaranya Dalto FC dan Gelora Purba Sinomba.

fokusliputan.com/ Yusran Regar