Pranserta Jurnalis; Giat Pelatihan Ekonomi Kreatif Bersama Dinas Pariwisata

fokusliputan.com_Pranserta Jurnalis Berikan Pelatihan Ekonomi Kreatif Bersama Dinas Pariwisata. 

Dinas pariwisata kabupaten Gayo Lues bersama tiga orang jurnalis memberikan pelatihan dasar di bidang ekonomi kreatif kepada ibu rumah tangga dan remaja putri yang beranggotakan 40 peserta dari beberapa kecamatan di kabupaten Gayo Lues pada selama dua hari, mulai dari Selasa hingga Rabu (08/12/2021) yang bertempat di hotel Marmas desa Gele kecamatan Blangkejeren. 

Muslim Barus (koordinator wilayah media fokusliputan.com wilayah Gayo Lues) bersama Amin Lingga dan M Daud sebagai jurnalis Gayo Lues memberikan bekal pelatihan kepada 40 peserta dari ibu rumah tangga dan remaja putri untuk mengolah pelepah pisang di jadikan sebagai keperluan rumah tangga.

Dalam pelatihan tersebut dinas pariwisata sebagai pelaksana kegiatan mempercayakan bahwa jurnalis bukan saja bisa bekerja sebagai kontrol sosial, namun mampu memberikan inovasi kepada masyarakat di bidang ekonomi kreatif. 

Muslim Barus mengatakan, Gayo Lues memiliki kekayaan alam yang berlimpah, terutama bahan baku yang terdapat di sekitaran rumah bisa di manfaatkan untuk menunjang ekonomi keluarga. 

Seperti pelepah pisang kata Muslim,bisa di manfaatkan untuk membungkus wadah yang sudah terbuang untuk di jadikan bahan berguna. Wadah tersebut dapat di gunakan untuk kemasan kopi, kerupuk, gula dan keperluan lainnya di rumah tangga. 

Sebelumya wadah tersebut yang sudah kita buat dari pelepah pisang telah sampai juga ke Jakarta sebagai cendera mata salah satu pimpinan umum partai politik. 

Saat ini sudah ada pihak ingin bekerja sama untuk memasarkan produk kemasan dari pelepah pisang untuk di pajang di hotel-hotel. Bila ibu-ibu dan adik-adik bisa menekuni produk dari pelepah pisang,saya yakin dapat menambah pendapatan keluarga. 

Untuk daerah wisata seperti,Agusen Blangkejeren, Air Panas Putri Betung dan kolam Biru Tripe Jaya sangat berpotensi di kembangkan produk tersebut. Bisa di buat seperti kemasan bubuk kopi,gula aren, kripik pisang yang notabene asli dari Gayo Lues. Para pelancong dapat mengenang bahwa Gayo Lues memiliki produk andalan sendiri.

Kepala dinas pariwisata Gayo Lues Irsan Firdaus,STTP melalui Kabid Ekonomi kreatif Habibi menambahkan, kita dari dinas pariwisata sangat mendukung untuk mengembangkan program ekonomi kreatif kepada ibu rumah tangga. Karena untuk kemasan dari pelepah pisang sangat banyak material nya banyak di temui di pekarangan rumah warga, dengan alat sederhana dan biaya pembuatan nya sangat terjangkau saya yakin produk tersebut bisa menunjang ekonomi masyarakat. 

Produk dari pelepah pisang bisa di buat bermacam-macam hiasan rumah tangga dan tidak kalah dari hasil pabrikan. Semoga dalam pelatihan ini para peserta dapat mengembangkan di desa masing-masing, ujarnya.

Dalam pelatihan tersebut peserta di latih mulai dari teknik pembungkusan hingga menata kemasan dari bahan alami seperti pelepah pisang hingga bahan dari dapur untuk memperindah kemasan tersebut secara alami.

FOKUS LIPUTAN FOTO; 
Posted By; Mhd Daud Aceh
www.fokusliputan.com