Riksa Adm Penumpang Yang Akan Berangkat Menuju Nias," KM Wira Nauli"

fokusliputan.com_Pada kegiatan tersebut Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja SIK menyampaikan arahan; 

Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2022, agar pihak Pelabuhan Pelindo Cabang Sibolga tetap mematuhi Protokol Kesehatan baik terhadap seluruh calon penumpang maupun karyawan. 

Unsur KSOP Sibolga agar tetap dapat berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pihak Pelabuhan Pelindo Cabang Sibolga serta PT WJL dalam hal pengaturan dan pengawasan terhadap kapal penumpang dan barang untuk mengantisipasi kerumunan dan memastikan persyaratan perjalanan telah dipenuhi guna mencegah penularan Virus Covid-19 di kota Sibolga. 

Kamis tanggal 18 November 2021, pukul 19.10 Wib di Pelabuhan Pelindo Sibolga Walikota Sibolga H Jamaluddin Pohan, Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja, beserta unsur Forkopimda kota Sibolga melaksanakan pengecekan kembali terhadap kesiapan pelayanan pelabuhan Pelindo menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). 

Walikota Sibolga dan Kapolres Sibolga beserta rombongan menuju Pelabuhan Pelindo Cabang Sibolga dan menyaksikan langsung kapal milik PT WJL KM.Wira Nauli yang bersandar di Pelabuhan Pelindo Cabang Sibolga. 

Kemudian Rombongan menyaksikan pemeriksaan administrasi penumpang yang akan  berangkat dengan menggunakan KM. Wira Nauli menuju Pulau Nias yakni berupa tiket, surat hasil pemeriksaan Swab Antigen, kartu vaksin dosis 1 dan dosis 2 serta menyampaikan himbauan terhadap penumpang untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan secara ketat, bila tida dapat menunjukkan persyaratan perjalanan, maka calon penumpang tersebut, dilarang melakukan perjalanan. 

Walikota Sibolga dan Kapoles Sibolga beserta rombongan kembali melaksanakan pengecekan langsung terhadap sarana dan prasarana di sekitar Pelabuhan Pelindo Cabang Sibolga yakni berupa :- Ruang tunggu penumpang- Counter pengecekan tiket dan pemeriksaan surat hasil swab antigen calon penumpang - Ruangan karantina bila ditemukan penumpang yang positif.

Wali Kota Sibolga juga menyampaikan beberapa hal diantaranya adalah Kegiatan ini adalah merupakan langkah awal dari Pemko Sibolga bersama dengan seluruh unsur Forkopimda untuk mengetahui sejauh mana kesiapan pihak Pelabuhan Pelindo Cabang Sibolga beserta unsur terkait lainnya. 

Sejauh ini pihak KSOP dan Pelindo Cabang Sibolga telah secara keseluruhan  memenuhi persyaratan perjalanan penyeberangan khusus nya menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2022. 

Terkait dengan Surat Edaran Menteri Perhubungan Republik Indonesia No : 58 Tahun 2021 tentang Keharusan terhadap calon penumpang untuk melaksanakan vaksinasi Dosis I dan Dosis II dan diwajibkan melaksanakan Swab Antigen dalam waktu 1X24 jam sebelum keberangkatan agar tetap dipedomani dan dilaksanakan.

Kegiatan pengecekan di Pelabuhan Pelindo Cabang Sibolga adalah untuk melihat kesiapan pihak Pelabuhan Pelindo Cabang Sibolga menjelang libur Natal dan Tahun Baru (NATARU) 2022.

Forkopimda kota Sibolga berharap agar pelabuhan Pelindo lebih ketat lagi dalam pengecekan prokes disaat menjelang libur Natal Tahun 2021 dan Tahun baru 2022.

Mengingat capaian Vaksinasi di Kabupaten Nias dan sekitarnya masih tergolong rendah (( Inmendagri )), maka perlu dilakukan tindakan berupa pelakasanaan vaksinasi di Pelabuhan Pelindo Cabang Sibolga terhadap seluruh calon penumpang yang belum divaksin. 

Sumber release giat Polresta Sibolga Sumatera Utara,-  disampaikan Humas Res Sibolga Iptu R.Sormin SAg.

FOKUS LIPUTAN FOTO KHUSUS; 
Posted By: Beta Simatupang

(www.fokusliputan.com)