Rakor Rencana Pembentukan PKS Disdik "Prokes Siswa"

fokusliputan.com_Hari ini Jum'at tanggal 05 Oktober 2021 sekira pukul 09.00 Wib, bertempat di Aula Wira Pratama Polres Sibolga jl. Dr. Fl. Tobing No. 35 Sibolga telah dilaksanakan Rapat Koordinasi rencana Pembentukan Patroli Keamanan Sekolah(PKS). 

Ini dalam rangka menjaga Prokes (protokol kesehatan) siswa/i di seluruh Sekolah-sekolah di kota Sibolga. Kegiatan Rapat  pertemuan Polri-Dinkes- Disdik dipimpin langsung oleh Kapolres Sibolga AKBP Taryono SIK. 

Kegiatan ini turut di hadiri oleh 
Kadis Pendidikan kota Sibolga Dra.  Hj. Masnot Hasibuan,MM
Kadis Kesehatan diwakilkan oleh Sekretaris 
Dr. Donna Pandiangan
Kabag Sumda Kompol Chobli, Kasat Intelkam AKP Agus Adhitama, Kasat Lantas  AKP Suprihanto P, Kasat Binmas Polres Sibolga AKP Daniel 
Kasi Humas Iptu R.Sormin SAg, Perwira dan seluruh Personil Polres Sibolga. Turut serta pihak Kepala Sekolah/guru tingkat SMP dan SMA di kota Sibolga berjumlah 45 orang. 

Dalam hal ini, Kapolres menyampaikan; Ucapan syukur kehadirat Tuhan yang maha Kuasa karena atas limpahan Rahmat dan karunia-NYA, sehingga pada hari ini  masih diberikan kesehatan, kekuatan dan dapat berkumpul di acara ini. 

Adapun maksud dan tujuan digelarnya acara ini adalah untuk melaksanakan rapat koordinasi dalam pembentukan PKS (patroli kesehatan sekolah) yang diharapkan tampil sebagai pelopor dalam pendisiplinan prokes di lingkungan sekolah. Dan, kepada unsur tenaga pendidik hendaknya menjadi tauladan dengan melaksanakan vaksin agar para peserta didik dapat melaksanakan vaksin dalam rangka mengikuti belajar tatap muka. 

Kemudian, menjadi kewajiban bersama untuk  mengingatkan semua pihak, agar kondisi level 1 tidak disambut dengan euphoria yanb berlebihan, justru pendisiplinan prokes harus lebih diperketat. 

Selanjutnya ; diperlukan kolaborasi dari seluruh unsur pendidik, dinas pendidikan, dinas kesehatan dan polres sibolga utk membentuk Petugas Patroli Kesehatan di seluruh sekolah sekota Sibolga. 

Akan dilakukan pelantikan secara serentak yg akan dilaksanakan oleh Kapolres Sibolga, Kadis Pendidikan, Kadis Kesehatan dan para PJU Polres Sibolga. 

Diinformasikan juga; dihimbau kepada seluruh tenaga pendidik untuk selalu mengingatkan siswa agar melaksanakan prokes yang ketat, bila disiplin prokes menurun. 

Polres Sibolga sudah berkoordinasi dengan Satpol PP akan melaksanaan operasi kasih sayang bila ditemukan ada siswa yang masih berkeliaran di luar jam sekolah dan tidak mematuhi prokes, kita akan bawa pelajar tersebut untuk selanjutnya menghadirkan orang tua dan tenaga pendidik guna memberikan pencerahan terkait penerapan protokol kesehatan. 

Penyampaian oleh Kadis Pendidikan Sibolga ; menyampaikan ucapan Terima kasih kepada Polres Sibolga dan jajaran yang selama ini telah bekerja keras dan terus memotivasi ide ide briliant dalam mengkonsep dan telah melakukan berbagai upaya dalam Penanganan Covid-19 di wilayah kota Sibolga. 

Diharapkan kepada seluruh tenaga pendidik agar mencermati dan harus bersungguh sungguh memberikan pencerahan dan edukasi secara intens kepada siswa peserta didik agar mereka semakin disiplin dalam menerapkan prokes di lingkungan sekolah. 

Selanjutnya; sambutan dan penyampaian Kepala Dinas Kesehatan Kota Sibolga yg diwakili dr. Dona;  'Kami juga berterimakasih sudah di undang dalam rapat rencana pembentukan patroli kesehatan di wilayah Sekolah yang ada di kota Sibolga. Dinas Kesehatan kota Sibolga selama ini sudah melaksanakan Monitoring di sekolah-sekolah yang ada di kota Sibolga untuk mengevaluasi penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah terkait menegakkan disiplin prokes. 

Akan tetap mendukung Polres Sibolga dan jajaran dalam melaksanakan pembentukan patroli kesehatan sekolah di kota Sibolga. 

Rapat Koordinasi rencana Pembentukan Patroli kesehatan Sekolah (PKS) berakhir pada pukul.11.30 Wib, berjalan dengan aman dan tertib.

FOKUS LIPUTAN FOTO: 
Posted By: Beta Simatupang 

www.fokusliputan.com