Rakor di Sibolga; Kesiapan Jelang Perayaan Natal 2021 & Tahun Baru 2022,

fokusliputan.com_Selasa tanggal 16 November 2021, dimulai pukul 14.30 Wib, bertempat di ruang lobi Sarja Arya Racana Polres Sibolga Jln.Dr.FL Tobing Kelurahan Kota Beringin Kecamatan Sibolga Kota Sumatera Utara. 

Telah dilaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka Kesiapan Menjelang Perayaan Natal tahun 2021 dan Tahun Baru tahun 2022.

Hadir dalam giat rapat tersebut yaitu Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja, Sekda Pemko Sibolga,Danramil 06/ Kota Mayor Inf.Albert Sarusuk, Wakapolres Sibolga Kompol RonsonSihombing, Kabag OPS Polres Sibolga Kompol Jono Sirait, Kasat Intelkam Agus Adhitama, Kasat Lantas AKP Suprihanto, Kapolsek Sibolga Sambas Iptu Royamber Panjaitan, Kapolsek Sibolga Selatan Iptu Bremer Hulu, Kasi Humas Polres Sibolga Iptu R.Sormin, Kasi Propam Iptu Ipki Nasution, Kasat Pol PP Sibolga,  Kadis Kesehatan Sibolga,  Plt Kepala BPBD kota Sibolga, Kadis Perhubungan Sibolga, Sekretaris Organda Hotman Hasibuan, Kasi Linmas Satpol PP Pemko Sibolga, JM. PT. WJL Area Sibolga-Gunung Sitoli Heri Yon Marbun.

Pembahasan dalam giat rapat. Rapat dibuka oleh Kapolres Sibolga mengatakan;

Menjelang Perayaan Natal tanggal  25 Desember 2021 dan menyambut Tahun Baru 2022 di Wilayah Kota Sibolga diperkirakan akifitas dan mobilitas masyarakat khususnya yang akan melakukan perjalanan mudik Sibolga-Nias akan meningkat sehingga berpotensi dapat menimbulkan Klaster baru penyebaran Covid-19 di Wilayah Kota Sibolga, adapun beberapa hal yang harus dipersiapkan adalah :

Persiapan Sarana/Prasarana di Pelabuhan Penyeberangan meliputi : Persiapan Posyan  baik di Terminal, Pelabuhan ASP, dan Pelabuhan Pelindo Sibolga. Persiapan Kekuatan Personil di Posyan. Persiapan sarana Protokol Kesehatan di Pelabuhan Penyeberangan yang ada di kota Sibolga. 

Kesiapsiagaan kita dalam menyambut Natal dan Tahun Baru. Membatasi kapasitas Penumpang dan penerapan prokes yang ketat pada saat melakukan penyeberangan dari Sibolga - Nias dan sebaliknya. 

Masalah Vaksinasi di Kota Sibolga, perlu diatensi hal-hal,- adanya data masyarakat yang vaksin belum ter upload di aplikasi, mari bersama-sama mencari solusi terkait permasalahan tersebut.
 
Karena nantinya dapat terdampak bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan.

Animo masyarakat kota Sibolga berkurang dalam pelaksanaan vaksinasi. 

Agar Pemko Sibolga membuat tim Sensus/verifikasi ditingkat Kelurahan dan Kecamatan sehingga memudahkan kita nantinya dalam mendata masyarakat 12 tahun keatas yang sudah dan yang belum di vaksin. 

Sebelum dilaksanakannya rencana Vaksinasi  warga umur 6 s/d 11 tahun, agar kita bersama-sama menuntaskan vaksinasi pada umur 12 tahun  keatas. 

Paparan dari Kasat Intelkam Sibolga AKP Agus Adhitama menyampaikan ; Menjelang Nataru (Natal dan Tahun Baru),- di wilayah kota Sibolga diperkirakan aktifitas dan mobilitas masyarakat akan meningkat baik itu di Pusat Pasar, pertokoan, tempat wisata, perbankan, rumah ibadah Gereja, Pelabuhan Penyeberangan dan terminal bus. 

Sehingga nantinya dalam melaksanakan upaya pencegahan dan penanganan harus mengetahui sasaran yang harus diantisipasi yaitu : Sasaran orang meliputi : Warga Masyarakat yang merayakan Natal  dan Tahun Baru, baik itu berbelanja, berekreasi, dan berkunjung. Pelaku kejahatan, Resedivis, Premanisme. Para penjual miras dan mercon. Calo-calo tiket angkutan darat dan laut. Pelaku Teror Bom.


Sasaran Benda meliputi : Sajam (senjata tajam), Bom/handak, Senpi ilegal, Kembang api, mercon/petasan. Alat transportasi darat/Laut (bus, angkutan umum, mobil, Betor, septor, kapal laut dan kapal penyeberangan. Narkoba, Minuman keras, makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa.

Sasaran Lokasi dan Tempat meliputi : 
- di Kota Sibolga ada 47 rumah ibadah gereja, mari bersama-sama merumuskan upaya untuk mengantisipasi potensi rawan kamtibmas dan potensi timbulnya klaster baru. Terminal Bus, Pelabuhan Pelindo dan Pelabuhan ASP. 

Antisipasi di H-10 sebelum 25 Desember diprediksi akan terjadi lonjakan penumpang untuk membeli tiket penyeberangan Sibolga - Nias. 

Antisipasi kerumunan masyarakat di loket-loket penjualan karena rawan akan calo dan perkelahian serta potensi kerumunan. 

Antisipasi juga potensi kerumanan di Tempat Wisata, Hiburan, Pusat Pasar, Swalayan, pelabuhan dan lokasi lainnya. 

Antisipasi pemukiman rumah warga, kantor, komplek yang ditinggalkan oleh penghuninya pada saat melaksanakan perayaan Natal dan Tahun Baru, karena rawan akan tindak pidana pencurian. 

Bagi para penumpang yang akan melaksanakan Penyeberangan baik dari Pelabuhan ASP dan Pelabuhan Pelindo agar sesuai dengan Protokol kesehatan yaitu Wajib Swab Antigen, sudah melaksanakan vaksin, melakukan pengukuran suhu, dan pembatasan kapasitas penumpang.

Arahan dari Sekda Pemko Sibolga;  menyampaikan : Kota Sibolga adalah kota transit sehingga menjelang Natal dan Tahun Baru akan menimbulkan lonjakan mobilitas masyarakat baik yang melintas mudik maupun yang akan melakukan penyeberangan melalui pelabuhan penyeberangan yang ada di kota Sibolga. 

Seperti tahun-tahun yang lalu Pemerintah kota Sibolga selalu tetap bersinergi bersama TNI/Polri dalam melaksanakan pengamanan di Posko-posko yang ada di kota Sibolga. Menjelang Tahun Baru Pemko Sibolga akan memberikan penekanan kepada pihak Kecamatan dan Kelurahan untuk meminimalisir kegiatan masyarakat yang dapat menimbulkan kerumunan. 

Agar Pihak PT.WJL menyiapkan fasilitas Swab Antigen menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru. Pihak Pemko Sibolga akan kembali melaksanakan rapat lanjutan pada awal bulan Desember ini dengan mengundang stakeholder terkait, dengan agenda rapat menghadapi suasana Nataru di wilayah kota Sibolga . 

Kadis Kesehatan Kota Sibolga menerangkan;  Menjelang Nataru dimungkinkan penyebaran covid-19 akan meningkat, perlu maksimalkan Prokes dan vaksinasi. Agar mengaktifkan Posko pemeriksaan bagi para penumpang yang akan melakukan perjalanan dengan memeriksa kartu vaksin dan wajib Swab Antigen. Agar pihak PT.WJL mulai dari sekarang mensosialisasikan kepada masyarakat tentang persyaratan perjalanan yaitu Wajib vaksin, dan wajib Swab Antigen. Buat himbauan tentang Prokes 5M di area Pelabuhan  dan lokasi rawan kerumunan. 

Kadis Perhubungan Sibolga; menyampaikan; Dinas Perhubungan Pemko Sibolga selalu bersinergi bersama Polres Sibolga melakukan Pam dan pelayanan. Meminta kepada KSOP agar melakukan penambahan armada laut untuk antisipasi lonjakan penumpang.

Kasat Pol PP Pemko Sibolga menyampaikan;  dalam menyambut Nataru, Satpol PP Pemko Sibolga akan menyiapkan personil Satpol PP dan Damkar untuk membantu pengamanan di Posko-posko yang telah dibentuk. Meminta kepada Dinas Kesehatan agar menyiagakan apotik 24 jam dan kesediaan stok obat-obatan. 

Danramil 06/ Kota Mayor Inf.Albert Sarusuk menyampaikan : Dalam menyambut Nataru, Kodim 0211/TT akan menyiapkan personil untuk membantu pengamanan di Posko-posko yang telah dibentuk. 

GM. PT. WJL Area Sibolga-Gunung Sitoli Heri Yon Marbun menyampaikan : Dalam menyambut Natal dan Tahun Baru pihak PT.WJL telah menyiapkan 5 armada laut yaitu, 2 unit di pelabuhan ASP, dan 3 unit di Pelabuhan Pelindo Sibolga dengan kapasitas penumpang yaitu; - KM Wira Nauli  kapasitas penumpang 525. - KM Wira Viktoria kapasitas penumpang 428 - KM Wira Glori kapasitas penumpang 328
- KM Wira Ononiha kapasitas penumpang 328. - KM Wira Prime kapasitas penumpang 120. 

Dalam Penerapan Prokes perjalanan pihak PT.WJL mewajibkan bagi para penumpang untuk Swab Antigen, dan memiliki Kartu/surat Vaksin. 

Waka Polres Sibolga Kompol Ronson Sihombing menyampaikan: Mengantisipasi lonjakan penumpang agar Dinas Kesehatan menyiapkan tim medis baik di pos Perbatasan, Terminal dan Pos Pelabuhan. Agar dimonitor dan antisipasi surat antigen palsu pagi para penumpang yang akan melakukan perjalanan penyeberangan Sibolga-Nias.

Hasil kesimpulan;  Pemko Sibolga akan segera menindak lanjuti pembentukan tim sensus di tingkat Kecamatan dan Kelurahan guna singkronisasi data penduduk di tiap-tiap Kelurahan. 

Menjelang Tahun Baru Pemko Sibolga akan memberikan penekanan kepada pihak Kecamatan dan Kelurahan untuk meminimalisir kegiatan masyarakat yang dapat menimbulkan kerumunan. 

Pihak Pemko Sibolga akan kembali melaksanakan rapat lanjutan di swal bulan Desember 2021 ini dengan mengundang stakeholder terkait, dengan agenda rapat menghadapi penyambutan perayaan Natal 25 Desember 2021 dan Tahun Baru 2022 di wilayah kota Sibolga guna mengantisipasi terjadinya lonjakan dan penumpukan penumpang di Pelabuhan dan mengantisipasi agar tidak terjadinya klaster baru penyebaran covid-19 di wialayah kota Sibolga. 

Pemko Sibolga akan menjadwalkan kembali untuk kegiatan peninjauan bersama Stakeholder terkait, yang akan dilaksanakan di Pelabuhan Pelindo dan Pelabuhan ASP Sibolga guna mengetahui secara langsung  dalam penanganan Prokes bagi para penumpang di Pelabuhan Penyeberangan. 

Kegiatan Rapat Koordinasi dalam rangka Kesiapan menjelang Perayaan Natal tahun 2021 dan Tahun Baru tahun 2022 berakhir pada pukul 16.30 Wib berlangsung dengan aman dan tertib dan lancar.

(fokusliputan.com/betasimatupang).