Pemasangan Pipa Pembuangan ; Gedung Dekranasda TA 2021 Dipertanyakan

fokusliputan.com_Hari Rabu (24/11/2021) bertempat diruang Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Gayo Lues. 

Tim PJID-N (Perkumpulan jurnalis Indonesia Demokrasi Nusantara) menemui Budiman Bangsu PPTK pembangunan gedung Dekranasda dengan menelan anggaran Rp. 2.856.142.000;  tentang permasalahan pipa pembuangan dari Toilet lantai dua yang menggantung dan menembus kaca diatas pintu utama. 

Beliau tidak mempu menjawab dan memanggil konsultan pengawas melalui telpon genggamnya. Beberapa menit kemudian Abdulla Daud
selaku konsultan Pengawas sampai diruang Kepala Dinas Perindustrian.

Abdullah Daud sebagai konsultan pengawas mengatakan; karenakan aturannya konstruksi itu ,jaman jaman dulu untuk rapi dimasukkan pipa kebeton, jadi hasil pemeriksaan pemeriksaan BPK kami kemarin-kemarin, disaat pipa dimasukin kedalam , kubikasi volume itu permasalahan pertama waktu pemeriksaan. 

Kubik daripada beton itu ngga cukup, karena udah terisi oleh pipa - pipa tadi

Yang kedua lanjut Abdullah;; alasan ilmu konstruksi disaat ada terisi benda lain dalam beton kekuatannya udah diragukan, karena udah kosong didalamnya ngga padu lagi. Menurut beliau itu ilmu konstruksi.

Sewaktu ditanyakan tentang kaca  dipotong diatas pintu utama untuk melewatkan pipa pembuangan toilet / WC dilantai dua menuju sepsiteng yang berada persis dibelakang bangunan  lantai dasar gedung Dekranasda,-  Abdullah sebagai Konsultan Pengawas mengatakan ; untuk bisa tersambung pipa kesana yang terhalang dengan itu , jangankan kaca, beton aja harus kita bobok.

Saat ditanyakan apakah pekerjaan ini sesuai dengan perencanaan dan gambar; -  Abdullah Daud selaku konsultan pengawas menjawab pekerjaan sesuai dengan perencanaan dan gambar, tanpa memperlihat gambar peroyek tersebut. A

Diakhir pembicaraan Abdullah  mengatakan plang peroyek itu salah ;; sebab perencana yang tercantum didalam plang peroyek adalah C.V AR JAYA CONSULTANTS , sebenarnya C.V AR JAYA CONSULTANTS adalah Konsultan Pengawas, yang didalam plang, konsultant pengawas tidak tercantum sama sekali. 

fokusliputan.com/Muslim Barus