Kapolres AKBP Taryono SIK, Tinjau Lokasi Longsor di Sibolga

fokusliputan.com_ Sabtu tanggal 30 Oktober 2021, sekira pukul 12.00 Wib Kapolres Sibolga AKBP Taryono SIK beserta PJU Polres Sibolga melakukan pengecekan dan peninjauan langsung  di Lokasi Bencana Alam tanah longsor di lereng Perbukitan Panomboman sehingga menutupi badan Jln.Oswald Siahaan Linkungan III Kel.Sibolga Ilir Kec.Sibolga Utara Kota Sibolga. 

Serta membahas tindak lanjut dalam upaya penanganan pasca bencana di sekitar lokasi tanah longsor dimaksud. Selanjutnya sekitar pukul 13.00 Wib Kapolres Sibolga beserta PJU Polres Sibolga telah berkoordinasi dan melakukan pertemuan bersama dengan stake holder terkait dalam jajaran Pemko Sibolga bertempat di Polsubsektor Sibolga Utara, jalan Oswald Siahaan Kelurahan Sibolga Ilir Kecamatan Sibolga Utara, kota Sibolga. 

Turut hadir dalam Giat kordinasi tersebut; Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja SH, SIK,Pejabat Utama Polres Sibolga,instansi terkait serta fihak Indo Home dan personil Polres Sibolga. 

Adapun hasil Kordinasi : Dinas KPLH mempersiapkan peralatan evakuasi, truck dan alat berat dan langsung bekerja membersihkan tanah serta bebatuan besar di lokasi bencana untuk mengantisipasi terjadinya bencana susulan.

Dinas Sosial berdampingan dengan Dinas BPBD serta Disperindag Sibolga langsung mendirikan 6 (enam) unit tenda penampungan yang dilengkapi sarana MCK untuk masyarakat yang terkena dampak bencana alam tanah longsor di lereng perbukitan Panomboman di Jln.Oswald Siahaan Link III Kel.Sibolga Ilir Kec.Sibolga Utara kota Sibolga.

Pihak Telkom (IndiHome) langsung melakukan perbaikan tiang kabel dan jaringan IndiHome yang mengalami kerusakan. UP3 PLN telah memperbaiki satu unit tiang dan jaringan listrik yang mengalami kerusakan. 

Dalam upaya penanganan pasca Bencana alam longsor tesebut Satpol PP kota Sibolga telah menurunkan personil bersinergi dgn personil BPBD, Polres Sibolga, Dishub dan Kodim 0211/TT ke lokasi bencana alam tanah longsor di lereng Perbukitan Panomboman di Jln.Oswald Siahaan Link III Kel.Sibolga Ilir Kec.Sibolga Utara Kota Sibolga selama proses penanganan bencana  berlangsung. 

Polres Sibolga melalui Sat lantas dan Sat Sabhara Polres Sibolga melakukan pengaturan arus lalulintas dgn sistem rekayasa yang menyesuaikan dengan kondisi di lokasi bencana, di Jln.Oswald Siahaan Link III Kel.Sibolga Ilir Kec.Sibolga Utara Kota Sibolga. 

Polres Sibolga dipimpin langsung Kapolres Sibolga menggerakkan seluruh sumber daya yg ada serta melaksanakan kordinasi dan kolaborasi bersama  Kodim 0211/TT, Dinas PUPR, Satpol PP,  BPBD, LHKP,  Dinas Sosial, Dinas Perhubungan,Dinas Perindustrian dan Perdagangan, UP3 PLN dan IndiHome (telkom), unsur Kecamatan dan Kelurahan setempat serta stakeholder terkait lainnya, telah bersinergi melaksanakan upaya penanganan pasca bencana melalui penyiapan segala sarana dan prasarana penampungan sementara bagi warga sekitar, melakukan perbaikan tiang listrik dan jaringan IndiHome sekaligus melakukan pengawasan dan pembersihan terhadap bebatuan dan longsoran tanah untuk memperlancar arus lalin serta mengantisipasi jatuhnya kembali material bebatuan di lokasi bencana. Hingga saat ini secara berangsur angsur arus lalulintas sudah berjalan lancar.

Disampaikan Humas Polres Sibolga 

Iptu R Sormin,SAg 


 fokusliputan.com/betasimatupang