Puskesmas Kalianda Mengadakan Vaksinasi di Desa Tengkujuh

fokusliputan.com_Dalam rangka percepatan Vaksinasi Nasional, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Selatan, melalui Unit Pelayanan Tingkat Daerah (UPTD) Puskesmas Kalianda, mengadakan vaksinasi Covid 19 secara gratis di Desa Tengkujuh Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan. 

Acara tersebut diadakan di aula Kantor Desa Tengkujuh dan telah dihadiri oleh Tim Medis Kesehatan Puskesmas Kalianda, Pejabat Kepala Desa tengkujuh Maulana beserta jajaran-nya, BPD Desa Tengkujuh Salahudin, Babinkamtibmas-Agus mewakili Polsek Kalianda, serta masyarakat umum yang telah mendaftar yang akan di vaksin.

Animo masyarakat Tengkujuh terkait Vaksinasi Covid 19 sangat antusias. Pasalnya, disaat pandemi Covid 19, masyarakat sangat membutuhkan  imunity kekebalan tubuh terhadap Virus Covid 19. Maka dari itu masyarakat menilai dengan adanya Vaksinasi Covid 19 berharap bisa membantu untuk menjaga kekebalan tubuh dari Virus tersebut. (Selasa 7 September 2021).

Pejabat Kepala Desa Tengkujuh Maulana menuturkan; dengan antusiasnya masyarakat desa Tengkujuh untuk melaksanakan Vaksinasi, maka dari itu pihak pemerintah setempat berkordinasi dengan Unit Pelayanan Tingkat Daerah (UPTD) Puskesmas Kalianda.

Oleh sebab itu puskesmas Kalianda Menyediakan Kuota 200 Dosis vaksin tahap Pertama untuk masyarakat desa Tengkujuh. Dan dibuka pelayanan dari pukul 08:30 Wib sampai dengan selesai. Karena kuota Vaksin terbatas dan tidak mencukupi untuk semua masyarakat Desa tengkujuh.

Oleh sebab itu, Pemerintah Desa Tengkujuh akan selalu berkordinasi Kepada Unit Pelayanan Tingkat Daerah (UPTD) Puskesmas Kalianda, berharap semua masyarakat Desa Tengkujuh sudah tervaksinasi Covid 19. Harapan kedepan masyarakat Desa Tengkujuh terbebas dari Virus Covid 19 dan Sehat dan menghimbau kepada masyarakat Desa Tengkujuh agar selalu menerapkan 5 M apabila keluar dari rumah. 

Disisi lain,: Kepala Unit Pelayanan Tingkat Daerah (Ka UPTD) Puskesmas Kalianda Endang  Suparman S.Km M.km  mengatakan; Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Selatan mempunyai Program Vaksinasi Covid 19 dari Desa Ke desa. Maka dari itu, Unit Pelayanan Tingkat Daerah (UPTD) puskesmas Kalianda  memberikan Kuota Vaksin Sebanyak 200 dosis tahap Pertama secara Gratis untuk Masyarakat Desa Tengkujuh. Adapun melihat Animo Masyarakat Tengkujuh sangat antusias. Maka Unit Pelayanan Tingkat Daerah (UPTD) puskesmas Kalianda memberikan Tambahan 10 Dosis vaksin.

Adapun jenis vaksinasi tersebut Dinas kesehatan Kabupaten Lampung selatan melalui Unit Pelayanan Tingkat Daerah Puskesmas Kalianda memberikan jenis Vaksin Sinovac dan diberikan ke masyarakat umum secara gratis. Akan tetapi apabila Stok vaksin Jenis Sinovac sudah habis. Maka dinas kesehatan Kabupaten Lampung Selatan akan memberikan Vaksin jenis Moderna tergantung Stok vaksin yang ada. Adapun Kegunaan Vaksin Tersebut Sama Saja.

Harapan kedepan, karna vaksin tersebut adalah Program Pemerintah Pusat dalam Rangka kekebalan Kelompok masyarakat, maka dari itu masyarakat umumnya di seluruh Indonesia terbebas dari Virus Covid 19. Dan menghimbau kepada masyarakat hindari Mobilitas Warga dan Menerapkan 5 M.

Terpisah ; , warga Masyarakat Desa Tengkujuh Mengaku sangat mengapresiasi kepada Pemerintah Desa Tengkujuh dan Kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan melalui Unit Pelayanan Tingkat Daerah (UPTD) Puskesmas Kalianda karna dengan adanya Vaksinasi. Mudah-mudahan warga Tengkujuh Terbebas dari Virus tersebut.

(fokusliputan.com/ Ali imron /Rozi)