Kobaran Api Sudah Mulai Berkurang; Semak Belukar di Perbukitan Aek Garut

fokusliputan.com_Sibolga

Rabu tanggal 28 Juli 2021 sekitar pukul 13.20 wib, telah terjadi kebakaran lahan yang ditumbuhi pepohonan, ilalang dan semak belukar di perbukitan Aek Garut. TKP : Jalan Rogate Aek Garut lingkungan 3, Kelurahan Angin Nauli kecamatan Sibolga Utara.

Menurut keterangan warga sekitar bahwa Sekira pkl 13.20 Wib terlihat kobaran api yang membakar Perbukitan Aek Garut di Jalan Rogate Aek Garut lingkungan 3, Kel.Angin Nauli kec.Sibolga Utara  Sibolga. Selanjutnya pkl.13.50 Wib, personil damkar pemko sibolga turun ke lokasi kebakaran dengan mengerahkan 3 unit mobil Pemadam Kebakaran, namun upaya pemadaman api tersebut terkendala dikarenakan medan menuju perbukitan tersebut yang sulit dijangkau dan selang Pemadam tidak dapat menjangkau lokasi kebakaran disebabkan lokasi kebakaran berjarak lebih kurang 700 M dari jalan raya dan berada di ketinggian.

Penyebab kebakaran Perbukitan Aek Garut masih dalam penyelidikan Polres Sibolga dan Polsek Sibolga Selatan. Adapun dampak yang ditimbulkan dari kebakaran perbukitan Aek Garut tersebut tidak ada menimbulkan korban jiwa maupun korban luka. Api masih ada karena tiupan angin yang berhembus agak kencang.

Kapolres sibolga AKBP Taryono SIK dan Waka Polres Sibolga Kompol Ronson Sihombing, Kasat Sabhara Iptu Suparjo SH, Iptu R Sormin,SAg (dokumentasi) dan PJU Polres Sibolga dan personil Polres Sibolga serta personil Polsek Sibolga Selatan  bersama dgn unsur Kodim 0211/TT, personil damkar dan satpol PP bersinergi melakukan upaya pemadaman api dengan cara menyiram bagian perbukitan yang terjangkau dengan selang kendaraan damkar bertujuan untuk memadamkan api agar tidak menjalar ke pemukiman warga. 

Personil Damkar Pemko Sibolga, personil polres sibolga, unsur Kodim 0211/TT dan Satpol PP melaksanakan pemadaman api di lokasi kebakaran untuk memantau dan mewaspadai kobaran api yang tertiup angin.

Personil Polres Sibolga dan Polsek Sibolga Selatan melakukan upaya pemadaman di seputaran lokasi kebakaran  bersama dgn unsur kodim 0211/TT, Damkar, Satpol PP dan beberapa unsur masyarakat selanjutnya Damkar Kota Sibolga, Sat Pol pp, Dinas Perhubungan, Personil Polres Sibolga dan unsur kodim 0211/TT, hingga pukul 17.30 wib, masih tetap melaksanakan Pemadaman di sekitar lokasi kebakaran dan akan terus siaga mewaspadai kobaran api. Hingga saat ini situasi masih dalam keadaan aman dan kondusif, kobaran api sudah mulai berkurang.

fokusliputan.com/betasimatupang