DP3AP2KB : Perlunya Pemaksimalan Menciptakan Kabupaten Layak Anak

fokusliputan.com_Perlu diadakannya pergerakan perubahan besar, baik terkait pendalaman tentang pola asuh anak, hak anak dan penanganan permasalahan anak. Ini demi mewujudkan lingkungan yang baik bagi tumbuh kembang anak sendiri. 

Namun, fakta lapangan memperlihatkan bahwa Gayo Lues saat ini belum siap, masih marak terjadinya kekerasan terhadap anak yang masih dianggap hal biasa atau bahkan pola didik yang lumrah dilakukan, ujar Kepala Dinas P3AP2KB Gayo Lues, Yunidar, SE seraya menjelaskan kondisi Gayo Lues saat ini.

DP3AP2KB (Dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak) kabupaten Gayo Lues mensosialiasikan tentang penguatan gugus tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) yang dihadiri oleh asisten III bupati Gayo Lues, Kepala bidang Pemenuhan hak anak provinsi Aceh dan para kepala SKPK, Selasa (22/06/2021).

Terhitung mulai awal tahun 2021, kasus tindakan kekerasan dan pelecehan anak tidak mengalami penurunan. Atas keprihatinan ini, Kepala Dinas P3AP2KB Gayo Lues gandeng Kepala bidang Pemenuhan hak anak provinsi dalam mensosialisasikan perlunya pemaksimalan upaya menciptakan kabupaten layak anak (KLA) di Gayo Lues.

“Perlu adanya gerakan dan perubahan skala besar, terutama tentang pola pikir di masyarakat, yang masih membernarkan kekerasan terhadap anak sebagai bentuk pola didik, ini perlu kita koordinasikan kepada dinas-dinas terkait, untuk merancang program dan sosialiasi yang efektif, bukan belum siap tapi harus siap!”

Dengan menghadirkan Kepala bidang Pemenuhan hak anak provinsi Aceh, Amrina Habibi, SH., MH sebagai narasumber sosialiasi KLA, Yunidar berharap dapat memberikan wawasan kepada para SKPK terkait untuk meningkatkan kinerja dan sinegergitas antar dinas dalam mewujudkan cita-cita yang diimpikan.

fokusliputan.com/Mhd Daud Aceh