Razia di Lapas Kls II, “Sesuai Instruksi Kepala Kanwil Kemenkumham Sumut”

fokusliputan.com_Tingkat kedisiplinan warga binaan dari hari ke hari kian signifikan. Terbukti dari berkurangnya jumlah barang-barang terlarang yang diamankan dari warga binaan. Menerapkan konsep kekeluargaan dan kenyamanan bagi warga binaan. Demi menjadikan warga binaan sadar akan kesalahannya di masa lalu, kita menyiapkan berbagai fasilitas rohani dengan memperbaiki rumah ibadah. Kami juga baru membuat lapangan futsal, yang diharapkan dapat mengisi aktivitas warga binaan dengan kegiatan positif.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumut, Drs Imam Suyudi, Bc IP, SH MH, melalui Kepala Divisi Permasyarakatan, Anak Agung Gde Krisna, Amd IP, SH. Dimana, pihaknya diwajibkan melaksanakan razia bersinergi dengan TNI-Polri dan BNN.

Baca Juga : http://www.fokusliputan.com/2021/02/mengingatkan-para-pegawai-lapas-kls-ii.html

Pantauan fokusliputan.com di Lapas Kls IIB Salambue Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Selasa (06/04/2021) malam. Pelaksanaan razia gabungan ini dimulai dengan Apel bersama yang dipimpin langsung Kalapas Kls IIB Salambue Indra Kesuma,Amd,IP,SH,MH. Pelaksanaan razia gabungan ini juga melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) yang dianjurkan Pemerintah yang ditandai dengan melakukan pemakaian masker, mencuci tangan dan pengecekan suhu tubuh kepada seluruh personel tim gabungan,- sebelum melakukan razia kepada warga binaan Lapas Kls IIB Salambue.

Kepala Lapas Klas IIB Padangsidimpuan, Indra Kesuma kepada fokusliputan.com, (Selasa,06/04/2021) malam, sekitar pukul 20.30 wib menerangkan; pelaksanaan razia itu sesuai dengan instruksi Kepala Kanwil Kemenkumham Sumut, Drs Imam Suyudi, Bc IP, SH MH, melalui Kepala Divisi Permasyarakatan, Anak Agung Gde Krisna, Amd IP, SH. Dimana, pihaknya diwajibkan melaksanakan razia bersinergi dengan TNI-Polri dan BNN. "Razia ini untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban. Khususnya, yang dicari (dirazia) adalah barang-barang terlarang baik dia narkoba, HP (handphone), senjata tajam, tali pinggang, dan lain-lain," Sebut Indra. Lanjutnya, Kepala Lapas mengakui bahwa; tingkat kedisiplinan warga binaan dari hari ke hari kian signifikan. Terbukti dari berkurangnya jumlah barang-barang terlarang yang diamankan dari warga binaan. Semua itu, kata Indra, bisa didapat karena pihaknya menerapkan konsep kekeluargaan dan kenyamanan dalam melaksanakan tugas kepada warga binaan. Demi menjadikan warga binaan sadar akan kesalahannya di masa lalu, kita menyiapkan berbagai fasilitas rohani dengan memperbaiki rumah ibadah. Kami juga baru membuat lapangan futsal, yang diharapkan dapat mengisi aktivitas warga binaan dengan kegiatan positif," ungkap mantan Kalapas Kabupaten Mandailing Natal.

Kalapas Kls IIB Salambue Indra Kesuma Amd IP, SH, MH mengucapkan terimakasih atas dukungan dari TNI-Polri, BNN, maupun awak media. Menurut Indra, tanpa dukungan dari semua stakeholder terkait, tentunya keamanan dan ketertiban di Lapas tidak dapat berjalan maksimal. Razia dilakukan untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban. Khususnya, yang dicari (dirazia) adalah barang-barang terlarang baik dia narkoba, HP (handphone), senjata tajam, tali pinggang, dan lain-lain.

Adapun barang yang berhasil dijaring pada razia itu di antaranya, telepon genggam 3 unit berikut baterainya, kartu remi 2 set, batu baterai jam 2 unit, benda besi 1 buah, korek api gas 10 unit, dan sendok besi 4 buah. Selanjutnya, barang hasil razia itu diinventarisir/didata, beber Indra.

Mewakili Kanwil Kemenkumham Sumut, Drs Imam Suyudi, Bc IP, SH MH yang diwakili Kepala Sub Bidang Bimbingan dan Pengentasan Anak Kanwil Sumut, Mukhtar Idrus, SH, menyampaikan juga; razia dilaksanakan serentak di seluruh Sumut. Kegiatan itu, direncanakan akan dilaksanakan secara rutin. Terhadap barang-barang terlarang yang diamankan, nantinya akan dilakukan pemusnahan, sebut Mukhtar.

Kepada fokusliputan.com, Mukhtar juga Apresiasi kinerja Kalapas Kls IIB Salambue Indra Kesuma Amd IP, SH, MH yang mampu menjaga kekompakan dan dan Sinergitas baik di lingkungan internal Lapas begitu juga dengan mitra kita baik TNI-POLRI dan BNNK Kabupaten Tapanuli Selatan Sumatera Utara.

FOKUS LIPUTAN KHUSUS

Posted By : Rahmat Efendi Nasution



www.fokusliputan.com