Kita Usulkan Ke Pusat, Dana Rp 147 Milyar, BPBD Akan Bangun Irigasi

fokusliputan.com_Semoga dengan adanya bantuan dana hibah tersebut lahan yang terlantar dapat di fungsikan kembali oleh petani setempat dan mudah-mudahan pasokan air dapat melimpah untuk keberlangsungan aktivitas petani untuk menggarap lahan pertanian mereka.

Diinformasikan; Pihak Badan Pelaksana Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Gayo Lues mendapatkan dana hibah Rehabilitasi dan Rekontruksi Dari BNPB tahun anggaran 2020 dengan jumlah Rp.24.300.000.000 (dua puluh empat milyar tiga ratus juta rupiah) untuk membangun imtek irigasi Kampung Tungel kecamatan Rikit Gaib.

Pembangunan irigasi tersebut untuk mengairi lahan persawahan masyarakat mulai dari desa Penomon, desa Tungel Baru dan desa Tungel. Akibat minimnya pasokan air kelahan persawahan masyarakat sudah 10 tahun lahan persawahan masyarakat tiga desa di landa kekeringan,dan juga sebahagian terlantar. Masyarakat setempat berharap fasilitas Irigasi dapat segera dibangun, agar mereka kembali dapat mengolah lahan persawahan untuk di tanami padi sawah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Gayo Lues Suhaidi melalui Kabid Rehabilitasi dan Kontruksi Muhammad Saleh ,SE saat dikonfirmasi fokusliputan.com melalui seluler WA (Rabu, 28/04/2021) mengatakan, “Alhamdulillah, kabupaten Gayo Lues mendapatkan dana hibah dari BNPB sebesar Rp.24.300.000.000,- untuk pembangunan saluran imtek irigasi di desa Tungel kecamatan Rikit Gaib. 

Kita usulkan ke Pusat dana sekitar Rp 147 milyar, namun yang direalisasikan oleh mereka hanya Rp 24.300.000.000.

Untuk Provinsi Aceh selain kabupaten Gayo Lues, juga kabupaten Aceh Utara ikut mendapatkan dana Hibah dari pusat. Semoga dengan adanya bantuan dana hibah tersebut lahan yang terlantar dapat difungsikan kembali oleh petani setempat dan mudah-mudahan pasokan air dapat melimpah untuk keberlangsungan aktivitas petani untuk menggarap lahan pertanian mereka.

Lanjutnya, Pemerintah kabupaten Gayo Lues berterimakasih kepada pemerintah pusat melalui BNPB yang telah memberikan dana Hibah untuk membangun fasilitas Irigasi, apalagi saat ini di masa pandemi covid-19 sangat terbantu pembiayaan akibat keterbatasan anggaran pembangunan di daerah kita ini.

fokusliputan.com/Mhd Daud Aceh