Mengingatkan Para Pegawai Lapas Kls II, “Antisipasi Peredaran Narkoba Di Dalam Lapas”

fokusliputan.com_ Pihaknya juga mengingatkan para pegawai Lapas untuk mengantisipasi peredaran narkoba di dalam Lapas dengan menggandeng BNN, dan TNI-Polri maupun unsur lain. Selain itu, Kadivpas juga memuji unsur Forkopimda yang turut membantu pencegahan terjadinya tindakan kriminal yang berujung pada menjalani pembinaan di dalam Lapas.

Dalam hal ini, Kadivpas Kanwil Kemenkumham Sumut Puji Kinerja dan Sinergitas Lapas Kls IIB Salambue Padangsidimpuan Sumatera Utara.

Kepala Divisi Permasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara (Sumut), Pujo Harinto, BC IP, SSos, memuji kekompakan dan sinergitas yang dibangun jajaran Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas IIB Salambue baik di Internal Lapas Kls IIB Salambue sendiri begitu juga dengan Forkopimda di Kota Padangsidimpuan. Sinergitas yang sudah baik itu, diharap dapat berimbas dalam meningkatkan pelayanan di Lapas.

Klik Vidio : 

"Di Lapas Klas IIB Salambue ini, saya lihat kerjasama yang dibangun Lapas Kls IIB Salambue dengan dengan unsur Forkopimda sudah berjalan sangat bagus," ungkap Pujo disela sambutannya dihadapan para pegawai Lapas pada acara : deklarasi janji kinerja dan penandatanganan komitmen bersama pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM), Kamis (25/02/2021).

Lebih lanjut Kadivpas menyebut; saat ini pihak Lapas dalam bertugas tidak sendiri. Unsur-unsur lain seperti, kepolisian, TNI, Kejaksaan, Pengadilan, pemerintah daerah, BNN, dan bahkan dari DPRD setempat, juga turut terlibat dalam program guna meningkatkan kualitas pembinaan bagi warga binaan di dalam Lapas. "Ini yang membuat kita tetap semangat. Membuat kita juga yakin dan percaya diri, bahwa kita tak sendiri dalam mengemban tugas. Walaupun jumlah kita tak sebanding dengan warga binaan di dalam Lapas."

Kemudian, pihaknya juga mengingatkan para pegawai Lapas untuk mengantisipasi peredaran narkoba di dalam Lapas dengan menggandeng BNN, dan TNI-Polri maupun unsur lain. Selain itu, Kadivpas juga memuji unsur Forkopimda yang turut membantu pencegahan terjadinya tindakan kriminal yang berujung pada menjalani pembinaan di dalam Lapas.

Sebab saat ini, lanjut dia, ada sekitar 800 warga binaan di Lapas Klas IIB Salambue dengan daya tampung 400. Dimana, Lapas Klas IIB Salambue kelebihan sekitar 100%. 

Jumlah presentase itu, kata Pujo; masih cenderung lebih kecil dibanding dengan Lapas di daerah lain di Sumut.  Artinya, peran dari pihak-pihak lain seperti tokoh agama, masyarakat, maupun adat setempat, sangat berpengaruh membantu menekan angka tindak kriminal sehingga jumlah warga binaan semakin berkurang. Kadivpas juga mengajak para pegawai Lapas, untuk bantu pencegahan dalam pembinaan masyarakat di luar Lapas. "Apa yang telah dicapai hari ini, kiranya dipertahankan dan kalau bisa lebih ditingkatkan lagi."

Baca Juga : http://www.fokusliputan.com/2020/03/ganja-kering-350-gram-ditemukan-dibawah.html

Sebelumnya, Wakil Walikota Padangsidimpuan_Arwin Siregar; mengucapkan terimakasih atas tercapainya komitmen bersama antara Lapas Klas IIB Salambue dalam reformasi memberikan sikap pelayanan terbaik ke warga binaan. Pihaknya mengaku akan mendukung penuh program-program guna meningkatkan kualitas pembinaan di Lapas Klas IIB Salambue.

Tampak hadir, Kepala BNN Kabupaten Tapsel AKBP Tuongku Bosar Pane, Wakapolres Padangsidimpuan Kompol Syahril M, Ketua Pengadilan Negeri Padangsidimpuan Lucas Sahabat Duha SH MH, dan tamu undangan lainnya.

FOKUS LIPUTAN FOTO : 

Posted By : Rahmat Efendi Nasution



www.fokusliputan.com