Jenggis Khan Haikal; Sosialisasi Perda, “BPD Harus Gencar Menyuarakan Aspirasi Masyarakat”

fokusliputan.com_ Jenggis Khan Haikal.SH MH mengatakan; intinya bagaimana kemitraan pemerintah desa, antara kepala desa dan BPD ini, saling mendukung dalam pemerintahan. Selama ini kan, BPD ini belum jelas kerja dan poksinya. 

Semenjak adanya peraturan daerah ini jelas tugas dan poksinya sebagai anggota BPD dan anggota BPD. Ini artinya ; badan mengakperiasi dari setiap dusun yang ingin membangun dan disalurkan kepada anggota BPD dan anggota BPD ini nanti menyerahkan kepada Kepala desa dan membahas apa yang akan dibangun nantinya atau anggota BPD ini lah nanti-nya yang harus gencar menyuarakan aspirasi masyarakat dari setiap dusun.

Lanjutnya; kemudian tugas dari BPD ini juga tunjukin yang namanya peraturan desa, yang mana namanya seperti BUMDES, ada potensi - potensi yang ada di desa yang mana bisa meningkatkan potensi desa tersebut. Seperti contoh ; ada penumpang yang mau ke pulau Mengkudu, berapa tarif yang akan kita sepakati, yang penting tidak saling memberatkan, harus saling menguntungkan, itu yang harus disepakati antara masyarakat aparat desa, kepala desa dan BPD. Yang penting sudah disepakati itu intinya, untuk membatasi kegiatan didesa ini ada aturannya, peran BPD ini lah tolak ukur bagi masyarakat karena mereka peran penting bagi masyarakat untuk menyerap inspirasi masyarakat.

Diinformasikan; Kepala Desa Kunjir kecamatan Rajabasa Rio Armanda mengadakan sosialisasi peraturan Daerah bersama DPRD kabupaten lampung selatan Jenggis Khan Haikal, SH,MH. Dapil 1 (kecamatan Kalianda dan Rajabasa). Acara tersebut diadakan di kantor Desa setempat. 23/02/2021. Acara tersebut dihadiri langsung oleh  DPRD Dapil 1 Jenggis Khan Haikal,S.H, M.H, dan para tamu undangan, acara tersebut berlangsung lancar.

Dalam hal ini, Rio Armanda SH menyampaikan harapannya, tatakelola di pemerintahan desa bukan hanya desa kunjir saja, ya seluruh lampung selatan menjadi lebih baik karena munculnya peraturan daerah No 5 Tahun 2020 tentang BPD ini adalah permula baru bagi pemerintah desa, dengan hadirnya anggota DPR tersebut disambut antusias oleh masyarakat. Kegiatan berjalan baik dan lancar sesuai dengan protokol kesehatan.

fokusliputan.com/Ali Imron