Belum Diketahui Pelakunya, “Kobaran Api Membakar Perbukitan Di Sibolga”

fokusliputan.com_Sibolga

Kita himbau  masyarakat ke depannya, dapat menghindari perbuatan yang berpotensi menimbulkan kebakaran, seperti larangan membuka lahan dengan cara membakar, larangan membuang api rokok sembarangan, larangan membakar sampah di lokasi yang mudah terbakar dan hal-hal lain yang perlu diwaspadai bersama. Sampai saat ini, belum diketahui pelakunya, ujar Iptu R Sormin,SAg mewakili Polresta Sibolga saat dikonfirmasi langsung fokusliputan.com.

Minggu tanggal 28 Februari 2021, pukul 19.15 wib, telah terjadi kebakaran lahan yang ditumbuhi pepohonan, ilalang dan semak belukar di perbukitan Parombunan. TKP Jln Walet Bukit Parombunan kelurahan Aek parombunan Kecamatan Sibolga Selatan.

Keterangan warga; bahwa sektar pukul 19.15 Wib terlihat kobaran api yang membakar perbukitan Parombunan di Jl Walet tersebut sehingga lahan yang terbakar seluas lebih kurang setengah hektar. Penyebab kebakaran lahan tersebut masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. Tidak ada menimbulkan korban jiwa dan tidak ada korban luka terhadap masyarakat maupun terhadap unsur petugas yang ada di lokasi, demikian juga halnya tidak ada kerusakan terhadap harta benda milik warga setempat. Selanjutnya, personil damkar Pemko Sibolga turun ke lokasi kebakaran perbukitan Parombunan dengan mengerahkan 4 unit mobil Pemadam Kebakaran.  Hingga saat ini api sudah sudah padam total, kebakaran lahan hanya terjadi selama lebih kurang 25 menit, api mengalami padam total pada pukul 19.40 wib.

Personil Polres Sibolga, personil Polsek Sibolga Selatan, unsur Babinsa Kodim 0211/TT, unsur Bhabinkamtibmas, unsur BPBD Pemko Sibolga (damkar), unsur Satpol PP Pemko Sibolga, dan unsur masyarakat setempat, (Tim bekerjasama) melakukan upaya pemadaman api dengan cara menyiram bagian perbukitan yang terjangkau dengan selang kendaraan Damkar bertujuan untuk memadamkan api agar api tidak menjalar ke arah pemukiman warga. Saat ini Tim bekerjasama melaksanakan stand by di lokasi kebakaran untuk memantau dan mewaspadai kondisi lahan yang terbakar, walaupun api sudah dalam keadaan padam total. Hingga saat ini situasi dalam keadaan aman dan kondusif, kobaran api sudah padam. Demikian.

FOKUS LIPUTAN TKP:

Posted By : Beta Simatupang



www.fokusliputan.com