Mencuri Ditempat Rumah Duka, “Warga Mela I Tapteng Ditangkap"

fokusliputan.com_Sibolga

Kelakuan yang dilakukan pelaku ini, tidak untuk ditiru. Pelaku diamankan pada hari Kamis 14/01/2021 pukul 22.00 wib, ketika berada di rumahnya di Dusun V Golkar Kelurahan Mela I Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Sumatera Utara. 

Atas laporan; Rabu 07/10/2020 Ronald Richard Haposan Sibuea usia 49 tahun ASN_Ds Sukaramai Kelurahan Pinang Sori Kabupaten Tapteng.

Ronald (saksi) datang melapor ke Polres Sibolga, Sabtu 03/10/2020 ketika melayat di Jalan Sibolga Tarutung Kelurahan Huta Barangan Sibolga pukul 00.30 wib. Isteri saksi meletakkan hp merk Redmi note 9 Pro diatas bufet juga saksi meletakkan hp merk Oppo A9 2020 ditempat yang sama, juga hp merk Redmi milik anaknya, diletakkan pada tempat yang sama.

Dan sekira pukul 06.00 wib, saksi bangun dan melihat hp tidak ada, kemudian saksi menanyakan pada isterinya apakah ada disimpan dan isterinya menjawab tidak ada menyimpan hp itu.

Dirugikan sekitar Rp 9.000.000 (sembilanjuta) rupiah. Dan, kasus ini telah ditindaklanjuti Kasat Reskrim Polres Sibolga AKP Dahrun Harahap,SH. Telah diamankan seorang laki laki di Mela I Kabupaten Tapteng ketika berada didalam rumahnya. 

Namanya; JPPM usia 33 tahun warga Dsn V Golkar Kelurahan Mela I Kabupaten Tapteng.

Data pelaku tercatat; Pernah dihukum sebanyak 2 kali, ditahun 2012 dalam kasus pencurian, kedua tahun 2015 dalam kasus pencurian lagi dan telah berumahtangga anak 1 dan pada tahun 2010 telah bercerai dengan isterinya.

Pengakuan pelaku; telah mengambil hp sebanyak 3 unit masing masing merk Oppo A9 2020 warna hijau laut, merk Redmi Note 9 Pro warna Tropical Green, merk Redmi Note 4 warna hitam pd hari Sabtu 3 Oktober 2020 pukul 02.00 wib didalam rumah saat itu ada kemalangan di Jln Sibolga-Tarutung Kelurahan Huta Barangan Sibolga. Dan, tidak mengetahui sipemilik barang dan maksud barang diambil untuk dimiliki. Setelah barang berupa hp diambil, dibawa dan disimpan dirumahnya.

Lanjut pelaku; untuk mengambil barang berupa hp dalam hal ini, tidak ada melakukan pengrusakan serta pintu rumah dalam keadaan terbuka dimana didalam rumah orang tertidur didekat mayat. Lalu, dibawa kecounter untuk membuka pola dari hp itu.

Iptu R Sormin,SAg mewakili Polresta Sibolga Sumatera Utara_menerangkan kepada fokusliputan.com; akibat perbuatannya, kini pelaku ditahan ke RTP Polres Sibolga diduga telah melakukan tindak pidana Pencurian sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 ayat (1) ke 3e Subs pasal 362 dari KUHPidana dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun. Barang bukti 3 (tiga) unit hp masing masing merk Oppo A9 2020 warna hijau laut,Redmi Note 9 Pro warna Tropical Green,Redmi Note 4 warna hitam.

fokusliputan.com/BetaSimatupang