Antisipasi Penanganan Dari Bencana, “Apabila Terjadi Di Kota Sibolga”

fokusliputan.com_Sibolga

Tujuan pelaksanaan apel ini adalah untuk menyamakan persepsi dan dan kesiapsiagaan Personil dalam rangka antisipasi bencana alam di wilayah Kota Sibolga khususnya dalam pandemi covid 19 yang saat ini masih terus mewabah serta situasi tahapan Pilkada 2020. 

Sehingga nantinya dalam antisipasi apabila terjadi bencana kita sudah mempersiapkan penanganannya sedini mungkin baik kesiapan personil maupun penggelaran sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Perlu diketahui bersama dalam penyelenggaraan antisipasi bencana terdiri atas tiga tahap sebagaimana yang tertera dalam Undang-undang nomor 24 Tahun 2007 tentang antisipasi bencana dan Peraturan Presiden nomor 17 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan antisipasi bencana alam keadaan tertentu yaitu :

“Pra bencana yaitu dalam situasi tidak terjadi bencana dan dalam situasi terdapat potensi terjadinya bencana dengan cara melaksanakan ke siap siaga dan peringatan dini dan mitigasi bencana. Tanggap Darurat yaitu penyelenggaraan antisipasi bencana saat tanggap darurat meliputi pengkajian secara cepat dan tepat terhadap lokasi kerusakan dan sumber daya, penentuan status keadaan darurat bencana penyelamatan dan evakuasi masyarakat terkena bencana, penyelamatan pemenuhan kebutuhan dasar perlindungan terhadap korban bencana pemulihan dengan segera prasarana dan sarana vital”.

Pasca bencana yaitu penyelenggaraan penanggulangan bencana dengan cara melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi

Kategori bencana dan keadaan darurat bencana yaitu peristiwa atau rangkaian yang mengancam dan mengganggu kehidupan Masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam atau non alam serta faktor manusia yang mengakibatkan timbulnya korban jiwa kerugian harta benda dan dampak psikologis serta kerusakan lingkungan yang memerlukan penanganan tindakan segera perlu kita ketahui bahwasanya bencana wabah pandemi covid 19 di Kota Sibolga sudah menyebar luas ke masyarakat, dengan adanya apel kesiapan ini saya mengharapkan bahwa kita semua benar-benar telah siap dalam antisipasi penanganan dari bencana apabila terjadi di kota Sibolga.

Senin tanggal 09 November 2020 pukul 10.00 Wib, bertempat di Lapangan Simare-mare Kota Sibolga telah dilaksanakan Apel Kesiapan Dalam Rangka Penanggulangan Bencana Alam di Wilayah Kota Sibolga Susunan Apel bersama Antisipasi Bencana Alam dan kesiapan Bencana dlm Pemilukada serentak thn 2020 Polres Sibolga.

Pimpinan Apel : Yusuf Batu Bara (Sekda Kota Sibolga), Perwira Apel : AKP Suprihanto, SH (Kasat Lantas). Komandan Apel : Iptu Penedi Sihotang. Kegiatan dihadiri oleh : Kapolres Sibolga AKBP Triyadi SH SIK, Mewakili Danlanal Sibolga Mayor (P) Laut Hartono, Dandim 0211 / TT diwakili oleh Danramil Mayor Kap Arwan S, Mewakili POM 1/2 Sibolga Kapten CPM Imade S, Asisten II Hendra Darmalius, Wakapolres Sibolga Kompol R.Sihombing SH,  Kabag Ops Res Sibolga Kompol Jono Sirait SH, Kabagren Res Sibolga Kompol Kamaludin Nababan SH, Kasat Intel Res Sibolga AKP Agus Adhitama SE, Kasat Narkoba Res Sibolga AKP Sugiono SH, Kasat Lantas Res AKP Suprihanto SH, Kasat Sabhara Iptu Suparjo SH, Kasat Binmas Res Sibolga Iptu Daniel. Doa oleh Iptu R.Sormin, SAg (dokumentasi)

Dan, Kasatpol PP Pemko Sibolga Faisal Fahmi Lubis, Kadis Kesehatan Sibolga Drs. Firmansyah Hulu, Kadis Sosial Bustanul Arifin, Kepala BPBD Sibolga Singkat Sijabat, Basarnas Sibolga R Bangun, Unsur SKPD Kota Sibolga, Personil Polres Sibolga, serta sususan barisan apel.

Selanjutnya, Peralatan Penanganan Bencana yang dikerahkan saat pelaksanaan Apel kesiapsiagaan : 04 Unit Roda empat Truck Pemadam Kebakaran Damkar Sibolga, 04 Unit Truck LHKP Pemko Sibolga, 03 Unit Roda empat Patroli Polres Sibolga,  04 Unit Mobil Patroli BPBD Sibolga, 02 Unit Mobil Patroli Sat Pol PP,  02 Unit Mobil Ambulance Dinkes Sibolga, 01 Unit Roda empat Dishub Sibolga. Perahu LCR (Landing Craft Rubber).

 

FOKUS LIPUTAN FOTO : 

Posted By : Beta SImatupang




 

www.fokusliputan.com