Musyawarah Abpednas Paluta, “Iskandar Muda Terpilih Jadi Ketua"

fokusliputan.com_ Berharap dengan terpilihnya menjadi ketua Abpednas Paluta, mampu mendorong anggota BPD se-Paluta bisa menjalankan fungsinya dengan optimal. Dalam hal ini, Iskandar Muda Siregar telah terpilih menjadi ketua Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta).


Kegiatan ini, dalam Musyawarah Kabupaten Abpednas Paluta, yang dilaksanakan di aula kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Paluta, yang dihadiri Turut hadir ,- Muscab ketua DPD Abpednas Sumatera Utara Jappar Siddik S.Sos, ketua Abpednas sebelumnya_Mahyar Harahap dan sejumlah perwakilan anggota BPD di Paluta.

Ketua terpilih DPC Abpednas Paluta, Iskandar Muda Siregar; menyampaikan; dengan terpilihnya menjadi ketua Abpednas Paluta berharap; dirinya beserta kepengurusan yang baru mampu dan mengerti apa yang menjadi tugas dan fungsi sebagai BPD di desa. Dalam waktu dekat, kita lakukan konsolidasi dengan para anggota BPD di desa-desa,” kata Kandar, Senin (19/10/2020) di Gunung Tua. 

Tujuannya untuk menyampaikan tiga peran dan fungsi BPD, tiga peran dan fungsi BPD dapat berjalan dengan baik apabila dilaksanakan anggota BPD yang memiliki kompetensi dan pemahaman terhadap regulasi. Tiga peran dan fungsi BPD menurut aturan adalah, penyepakatan dalam pembuatan Peraturan Desa (Perdes) bersama Kepala Desa. Mengawasi kinerja Kepala Desa dan penjaringan aspirasi masyarakat desa.


Lanjutnya, saat ini banyak anggota BPD yang belum mumpuni dalam menjalankan peran dan fungsinya. Awalnya banyak yang mengira tugas BPD sangat mudah. Padahal, katanya, jika peran dan fungsi benar-benar dilaksanakan sesuai dengan tuntutan, menjadi anggota BPD sangatlah berat.

fokusliputan.com/AriefRegar