Karena Ide BUPATI; Pedagang Es Dawet Khas Bandung, “Alhamdulillah Jadi Jalan Rezeki”

fokusliputan.com_ Ide dari gagasan Bapak Bupati sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya ekonomi menengah kebawah. Menggali potensi seniman lokal yang ada didaerah, yang selama ini tidak terlihat. Memberikan ruang bagi para seniman untuk menuangkan karya dan kreatifitasnya.

 
Event lomba mural peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Kabupaten Lampung Selatan tahun 2020 memberikan dampak yang baik bagi geliat ekonomi pedagang kecil dan UMKM. Event yang diinisasi oleh Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto ini dilaksanakan mulai tanggal 26-27 Agustus 2020 di Kebun Edukasi rumah dinas bupati setempat. 


Geliat ekonomi melalui kegiatan seni lukis di media dinding ini, memberi dampak positif sebagai upaya membangkitkan usaha kecil ditengah pandemi sekaligus dapat menambah pendapatan bagi pelaku ekonomi kecil dan UMKM. 


Romi Ananda (34), pedagang Es Doger keliling ini mengaku kepada fokusliputan.com; Sangat senang ada gelaran event lomba mural yang digelar oleh Bupati Lampung Selatan. “Alhamdulillah jadi jalan rezeki, menjadi berkah. Saya senang sekali, karena banyak pengunjung, jadi jualannya laris manis. Meskipun hari ini tidak seramai kemarin (26/08/2020) waktu pembukaan. Sejak pagi hari bersama sang istri Sartini, Romi memacu motor dari tempat tinggalnya di Umbul Tengah, Desa Kedaton menuju Kebun Edukasi lokasi lomba mural tersebut. Ia pun berharap, akan ada event serupa yang akan digelar. Dengan begitu ia dan istri bisa memenuhi kebutuhan keluarga. Ya,,harapannya bisa ada event lagi. Karena pasti pedagang senang. Seperti waktu itu ada turnamen futsal, dan acara Bupati Cup. Kalau disini (Kebun Edukasi) sudah ramai, kami juga berharap bisa disediakan tempat. Kalau ada pedagang, pasti akan banyak juga pengunjung. 


Arfan (23) pedagang Es Dawet khas Bandung ini mengaku dagangannya laris manis setiap ada event.“Ya, Alhamdulillah, dengan acara ini sangat membantu pedagang yang berjualan. Pedagang yang biasa mangkal di Pasar Inpres ini pun berharap event-event spektakuler bisa terus digelar di Lampung Selatan, khususnya Kota Kalianda. Kalau gak ada event, ya pagi di pasar sorenya di Taman Anak. Harapannya biar ada event lagi, jadi bisa ada tambahan pemasukan. 


Sementara itu, Bupati Nanang Ermanto_menyempatkan berkeliling di lokasi lomba ; mengaku sangat senang dengan antusias peserta. Bahkan ia senang banyak pengunjung yang datang untuk menyaksikan lomba mural tersebut. Berkah ya bapak ibu dagangannya. Mudah-mudahan laris manis,” ujar Nanang saat menyapa para pedagang yang berjualan di area lokasi perlombaan. 

fokusliputan.com_Nidi/Husin