Polres Sibolga, Laksanakan Program Ketahanan Pangan, “Budidaya Kolam Ikan Lele Dan Nila”

fokusliputan.com_Sibolga

Polres Sibolga menjalankan program ketahanan pangan dengan budidaya kolam ikan lele dan nila sebagai wujud kongkrit upaya menjaga ketersediaan pangan ditengah pandemi covid 19. 


Kegiatan itu dipimpin langsung Kapolres Sibolga AKBP Triyadi,SH,SIK dan diikuti Waka Polres Kompol Sutrisno,SH,Kabag Ops Kompol R.Sihombing,SH,Kabag Sumda Kompol Irianto,SH,Kabag Ren Kompol K.Nababan SH_hari Kamis 04/06/2020. 

"Kegiatan ini menyikapi dampak pandemi Covid19 disemua lini kehidupan masyarakat," ujar Kapolres Sibolga AKBP Triyadi,SH,SIK disaat menabur bibit ikan lele dan ikan nila disamping aula Wira Pratama Polres Sibolga.Kapolres mengatakan program ketahanan pangan tersebut dalam rangka menjaga ketahanan pangan masyarakat  kota Sibolga pada masa pendemi Covid19.Kegiatan itu sebagai upaya Polres Sibolga ikut membantu tugas pemerintah dalam mensosialisasikan program Ketahanan pangan. "Dampak dari pandemi covid19, akan sangat berpengaruh terhadap hasil pertanian dan perikanan. Sehingga perlu adanya antisipasi dengan menciptakan lahan perikanan baru,yg diharapkan mampu menghasilkan stok ikan agar tidak terjadi kelangkaan bahan ikan disaat new normal. 


Lebih lanjut Kapolres Sibolga menilai program membudidaya ikan  lele dan nila mampu membantu menjaga ketahanan pangan masyarakat kota Sibolga ditengah pandemi covid19 dan diharapkan kiranya Polsek sejajaran Polres Sibolga untuk memanfaatkan lahan yang ada untuk melaksanakan program ketahanan pangan dan dapat juga dilakukan dengan menanam sayur-sayuran 2an ataupun yang lainnya, sebab hal itu cara efektif untuk mencegah terjadinya krisis pangan yang menjadi kebutuhan masyarakat. 

Polres Sibolga juga membantu pemerintah selama masa pandemi dimana akses masyarakat utk mendapatkan pangan cukup terbatas,karena Covid19 mengganggu segala sendi kehidupan, kesehatan, sosial maupun ekonomi berpotensi untuk Kamtibmas (keamanan ketertiban masyarakat) yang terganggu. 


Dalam penaburan benih ikan tersebut telah ditaburkan 10.000 bibit ikan lele di 4 kolam dan ikan nila sebanyak 1700 ekor di 1 kolam.
Kedepannya budidaya ini menjadi salahsatu sumber daya yg akan diandalkan dalam memenuhi kebutuhan dan pemberdayaan ekonomi ditengah masyarakat menuju New Normal dimasa pandemi Covid19 dan harapan program ini dapat meningkatkan taraf hidup baik bagi anggota Polri maupun masyarakat. Press Release diterima fokusliputan.com dari Polresta Sibolga melalui Humas Polresta Sibolga Iptu R.Sormin,SAg melalui pesan WA.

fokusliputan.com/Amosi Zega