Cuaca Ekstrim Dan Sampah Menumpuk, "Luapan Air Genangi Puskesmas Pembantu"

fokusliputan.com_Akibat rubuhnya dek penahan tembok salah satu warga yang menghantam pagar tembok beton Pustu (puskesmas pembantu) Wek V, Jum'at (24/04/2020) kemarin, mengakibatkan aliran air parit material itu tersumbat, terlebih datangnya hujan ditengah malam dini hari, menjadi banjir, air pun masuk ke dalam rumah pustu itu. 


Baca Juga : http://www.fokusliputan.com/2020/04/akibat-sampah-tembok-pagar-beton.html

Malam dini hari, Sabtu (25/04/2020) sekitar jam 23.50 Wib, akibat curah hujan yang tinggi air parit meluap yang menyebabkan Pustu Wek V digenangi air yang menimbulkan kepanikan khususnya penjaga Pustu Wek V Aswan Lubis dengan istri dan juga tetangga sekitar. “Karena debit air hujan yang lumayan deras tadi, air langsung menggenangi pekarangan dan seisi dalam Pustu, kata Aswan. 


Kita langsung telepon Kepala Puskesmas Pembantu (Kapustu) Wek V Else Mariani Simanjuntak, SKM dan juga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang Sidempuan, beber Aswan. 

Kepada fokusliputan; Aswan menceritakan, BPBD Kota Padang Sidempuan Sumatera Utara_yang dipimpin langsung Kepala BPBD Kota Padang Sidempuan Ali Ibrahim Dalimunthe didampingi Lurah Wek V Riduan Rambe, SH langsung mencek kelokasi. 


Kepala BPBD Kota Padang Sidempuan Ali Ibrahim Dalimunthe yang didampingi Lurah Wek V Riduan Rambe, SH menjelaskan ; atas laporan masyarakat kita (BPBD) langsung turun kelapangan dan melihat Pustu Wek V sudah tergenang dan kita langsung membuat solusi dengan membersihkan reruntuhan material yang menumpuk di paret tersebut bersama masyarakat supaya air yang tergenang dapat mengalir. Karena posisi Pustu Wek V diatas paret 3,5 M genangan air yang ada dipekarangan dan di dalam Pustu kita lakukan dengan membobol pagar beton Pustu supaya air genangan bisa mengalir, ungkap Kepala BPBD Ali Ibrahim Dalimunthe. 

Lanjutnya, karena ini bulan Ramadhan dan anggota kita juga lagi piket di seluruh Pos jaga Covid 19 yang dibuat Pemerintah Kota Padang Sidempuan, mungkin besok, Senin (27/04/2020_kita akan kerahkan anggota kita yang lebih banyak lagi untuk membersihkan semua matrial yang menutupi paret ini supaya aliran air normal seperti semula. 

fokusliputan.com/Rahmat E.Nst