Akibat Sampah," Tembok Pagar Beton Puskesmas Pembantu Jadi Rusak Parah"

fokusliputan.com_Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa roboh-nya tembok pagar beton Pustu (Puskesmas Pembantu) ini. Kejadian ini sempat membuat panik warga sekitar untuk melihat langsung, akibat suara keras ambruknya tembok itu. (24/04/2020)


Warga Lingkungan IV Kelurahan Losung dan warga Lingkungan I Kelurahan Wek V Kecamatan Padang Sidempuan Selatan mendadak panik, pondasi penahan tebing salah satu warga roboh yang menyebabkan pagar beton Pustu Wek V menjadi rusak parah. 

Penjaga Pustu Aswan Lubis kepada fokusliputan.com_dilokasi mengatakan “Kita terkejut mendengar suara keras yang datangnya dari sebelah Puskesmas Pembantu (Pustu) Wek V tepatnya Dek penahan tebing rumah yang ditempati Ibu Emmi (53 tahun) roboh yang menimpa pagar beton Pustu Wek V, atas kejadian ini pagar beton Pustu yang saya tempati rusak parah.


Pengakuan Aswan; kejadian ini berlangsung pukul 12.00 Wib, saat itu saya lagi bergegas untuk Sholat Jum'at dikamar, tiba - tiba suara hantaman keras datang yang membuat saya spontan langsung keluar dan mencari asal suara setelah saya perhatikan asal suara_ternyata Dek penahan tebing dari rumah Ibu Emmi roboh menimpa pagar beton Pustu Wek ini. "Ini diduga karena aliran sungai kecil yang merupakan batas tanah rumah yang ditempati ibu Emmi dengan Pustu Wek V atau juga batas Lingkungan IV Kelurahan Losung dengan Lingkungan I Kelurahan Wek V sering sumbat dikarenakan sampah menumpuk". 

Mungkin karena aliran air sering tersumbat dikarenakan tumpukan sampah sehingga sering menimbulkan genangan air yang menyebabkan lantai Dek penahan tebing tersebut terkikis dibuktikan lantai Dek penahan tebing tersebut sudah tanah dan tidak terlihat lagi ada semennya, kata Aswan. 

Pemilik rumah diatas Dek penahan yang roboh, Emmi mengatakan tidak ada tanda tanda Dek tersebut mau roboh, "karena Dek tersebut kelihatannya masih kokoh", tapi untuk dasar Dek tersebut saya jelasnya tidak tahu persis, sebut Emmi. 

Sementara Kepala Puskesmas Pembantu (Kapustu) Wek V Novida Yanti Siregar mengatakan, Kita akan secepatnya berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Padang Sidempuan untuk perbaikan tembok Pustu kita yang rusak yang menurutnya  kurang lebih 10 meter. Untuk saat ini kita akan berusaha secepatnya supaya aliran air yang tersumbat dikarenakan tertimbun dari robohnya Dek penahan tebing ini cepat mengalir kembali seperti biasanya, beber Kapustu didampingi Kadis Kesehatan Sopian Sabri Lubis dan Lurah Wek V Riduan Rambe, SH, Lurah Losung, Polmas yang turut meninjau kelokasi.

FOKUS LIPUTAN FOTO DILOKASI :
Posted by : Rahmat ENSt




fokusliputan.com/Rahmat ENSt