Akibat Hujan Deras, Sejumlah Titik Di Kecamatan Terendam Banjir, "Ketinggian Sekitar 60 cm"

fokusliputan.com_Informasi yang dihimpun dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Lawas Utara Sumatera Utara. (28/04/2020).


Desa yang terendam banjir antara lain desa Pagaran Tonga, Dusun Sungai Rodang, Suro Dingin, desa Huta Baru dan desa Lakkimat. Akibat intensitas hujan deras beberapa hari terakhir, sejumlah titik di Kecamatan Simangambat, Kabupaten Padang Lawas Utara terendam banjir. 



Banjir kali ini merupakan banjir terbesar yang pernah terjadi. Posisi desa tepat berada di dekat sungai Barumun. Sehingga wilayah ini menjadi langganan banjir tiap tahunnya. Akibatnya, puluhan rumah warga terendam banjir dengan ketinggian sekitar 60 cm. Selain merendam rumah warga, banjir juga menggenangi rumah ibadah dan jalan menuju kecamatan. 

Kepala BPBD Paluta Padang Lawas Utara, Khairul Harahap melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Imran Affandi Siregar mengatakan pihaknya mencatat sebanyak 35 kepala keluarga yang terdampak banjir. 

Kita terus berkoordinasi dengan pimpinan terkait bantuan logistik yang akan kita berikan untuk membantu korban banjir," kata Imran, Selasa (28/04/2020). Warga desa yang terdampak banjir memilih untuk tetap bertahan di rumah sambil berjaga-jaga mengantisipasi sewaktu-waktu terjadi banjir susulan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir kali ini serta tidak ada kerugian material. Namun akibat banjir, warga tidak dapat beraktivitas seperti biasanya. Hari ini tertanggal 29/04/2020, debit air sudah mulai surut.  


FOKUS LIPUTAN FOTO DI LOKASI : 






www.fokusliputan.com/AriEfRegar