Wawancara Langsung Dengan Disdukcapil, "Administrasi Kita Selesai Satu Hari"


fokusliputan.com_Untuk kepengurusan administrasi Kartu Keluarga (KK) Akte Lahir kita usahakan selesai satu hari, sambil menghimbau supaya masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukannya datang langsung ke Disdukcapil Padang Sidempuan Sumatera Utara.  


Karena untuk kepengurusan administrasi kependudukan Disdukcapil Kota Padang Sidempuan tidak memungut biaya (Gratis), ujar Plt Kadis Disdukcapil Kota Padang sidempuan Anisah Siregar, S.Sos kepada fokusliputan.com diruang kerja. 

Diinformasikan kembali, bahwa aktifitas pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang sidempuan tampak sibuk setiap harinya. Terlihat Disdukcapil cukup dipadati warga mengurus beberapa dokumen kependudukan khususnya di loket tempat pengambilan gambar administrasi Kartu Tanda Penduduk (KTP ). 


Salah satu masyarakat menagtakan kepada fokusliputan ; dengan pelayanan yang dilakukan oleh Disdukcapil sekarang ini, kita merasa puas dan jelasnya ada kepastian kepada kita untuk mendapatkan administrasi kependudukan yang kita urus, sebut Marlina Hasibuan. 

Tak hanya itu, lanjut warga setempat, dengan pelayanan Disdukcapil Kota Padang sidempuan membuat nomor antrian untuk kepengurusan KTP, kita sangat mendukung, selain membuat tertib kepada masyarakat jelasnya kepastian kepada kita untuk mendapatkan KTP lebih pasti,"sebut ibu tiga anak ini. 

“Saya kemari dengan membawa ketiga anak saya untuk mengambil KTP, sebelumnya saya sudah mendapatkan nomor antrian yang pengambilannya pada hari ini tanggal (16/03/2020), dan saya sudah mendapatkan hak saya untuk memiliki administrasi kependudukan yakni KTP saya bersama suami. 

Plt Kadis Disdukcapil Kota Padangsidempuan Anisah Siregar, S.Sos mengucapkan terima kasih atas apresiasi masyarakat, karena ini semua merupakan tekad kita untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat kota Padang sidempuan, khususnya pelayanan administrasi kependudukan. 


Diluar konteks diatas, saat disinggung media, terkait apakah ada imbas dari merebaknya Virus Corona ( Copid-19 ) untuk pelayanan dari Disdukcapil kepada masyarakat. 

Plt Kadis Dukcapil Anisah Siregar menanggapi ; sampai saat ini kita terus melakukan pelayanan kepada masyarakat karena dari Walikota Padang sidempuan Irsan Efendi Nasution, SH sampai saat ini belum ada arahan ataupun petunjuk terkait merebaknya Virus Corona ini, ungkap Anisa. 

Sebelumnya kita sudah mendapatkan informasi dari Dirjen Dukcapil bahwa kedepannya kita akan mendapatkan gangguan akan pelayanan mengingat di Jakarta pelayanan Dirjen Dukcapil sendiri dipending untuk sementara karena Virus Corona ini. "Terkait merebaknya Virus Corona Disdukcapil Kota Padang sidempuan mungkin ada gangguan pelayanan, karena di awal bulan April kita mendapatkan tambahan blanko KTP. Akan tetapi dengan merebaknya Virus Corona di Jakarta Dirjen Dukcapil mempending sementara dan tidak melakukan pelayanan untuk sesaat, tutup Anisa. 

fokusliputan.com/Rahmat ENst)