Polres Sibolga Menyebarkan Maklumat Kapolri Jenderal Polisi Drs Idham Aziz

fokusliputan.com_Sibolga

Polres Sibolga Sumatera Utara menyebarkan Maklumat Kapolri Jenderal Polisi Drs Idham Aziz tentang kepatuhan terhadap kebijakan Pemerintah dalam penanganan penyebaran virus corona atau Covid19. Maklumat dengan Nomor : Mak/2/III/2020, dikeluarkan atas dasar pertimbangan Nasional, terkait cepatnya penyebaran corona sehingga diperlukan penanganan secara baik,cepat dan tepat. 


Maklumat ini bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat,agar Polri senantiasa mengacu azas keselamatan rakyat yang merupakan hukum tertinggi (solus populi suprema lex esto).
Berikut Maklumat yang dikeluarkan oleh Kapolri Jendral Drs Idham Aziz terkait dengan virus corona (covid19) 

1. Tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan  berkumpulnya massa dalam jumlah banyak baik ditempat umum ataupun lingkungan sendiri. 

"Pertemuan sosial budaya, keagamaan dan aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, lokakarya, sarasehan dan sebagainya" " Kegiatan kongser musik, pekan raya, festival, bazar, pasar malam, pameran dan reseptionis keluarga"."Kegiatan olahraga, kesenian dan jasa hiburan"."Unjuk rasa, pawai dan karnaval serta kegiatan lain yang menyebabkan berkumpulnya orang banyak." 

2. Masyarakat diminta tetap tenang dan jangan panik serta lebih meningkatkan kewaspadaan dilingkungan masingmasing. 

3. Apabila dalam keadaan mendesak dan tidak dapat dihindari kegiatan yang melibatkan banyak orang, maka wajib mengikuti prosedur dari Pemerintah. 

4. Tidak melakukan pembelian atau menimbun kebutuhan bahan  pokok secara berlebihan. 

5. Tidak terpengaruh dan menyebarkan berita yang sumbernya tidak jelas dan dapat meresahkan masyarakat. 

6. Apabila ada informasi yang sumbernya tidak jelas, dapat menghubungi pihak Kepolisian. 

7. Apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat ini, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan sesuai dengan Peraturan Perundang undangan yang berlaku. 


Kapolres Sibolga AKBP Triyadi,SH,SIK dalam hal ini mengatakan  ; "Selebaran Maklumat Kapolri ini kami sebarkan di tempat-tempat keramaian, pusat-pusat perbelanjaan dan tempat tempat stategis yang berada di wilayah kota Sibolga. Kapolres menambahkan, agar setiap warga masyarakat dapat memahami dan mengikuti Maklumat yang sudah kami sebarkan, demi kenyamanan kita bersama khususnya masyarakat kota Sibolga. 


Press Release Informasi tersebut diterima fokusliputan.com dari Iptu R.Sormin,SAg mewakili Polresta Sibolga Sumatera Utara.