Bisnis Ikan Hiu Yang Menjanjikan Di Kota Sibolga Sumatera Utara

(Liputan Khusus)_fokusliputan.com_Sibolga

Pengolahan asinan ikan Hiu, hasil tangkapan nelayan dari perairan Sibolga Sumatera Utara, merupakan bisnis yang menjanjikan bagi pengusaha rumahan. (30/03/2020)


Mulai dari daging, sirip, gigi hingga kulit ikan hiu ini, dijual dengan harga tinggi perkilo gramnya. 

Ikan Hiu berbagai jenis hasil tangkapan nelayan itu, setiap hari jadi bahan olahan Sittua Manalu. Untuk diolah jadi asinan Hiu. Sementara sirip dan gigi serta kulit Hiu itu , juga dijemur hingga kering.  


Bagi pengusaha rumahan seperti Sittua Manalu ini, gigi Hiu itu dijual dengan kisaran harga ratusan ribu hingga satu juta perkilo. Sementara daging Hiu asinan dijual Rp 50 ribu perkilo gram-nya. Dan sirip Hiu dijual dengan kisaran harga Rp 1.800.000 perkilo. 

Sementara untuk kulit ikan Hiu, harga pasaran di Kota Sibolga mencapai 150 ribu rupiah perkilo. Dalam satu hari, pengusaha Ikan Hiu asinan di Sibolga ini, mampu mengolah ikan Hiu ratusan kilo setiap hari. 

Untuk mengolah ikan Hiu asinan, Sittua manalu ini hanya bermodalkan garam dengan bahan utamanya. Ikan hiu yang dibelinya berasal dari nelayan pemburu Hiu.

Apakah anda suka mengkomsumsi daging ikan Hiu, bagaimana rasanya ?, bahkan diinformasikan juga gigi taring ikan hiu dapat dijadikan pernak pernik liontin seperti kreasi kalung, yang mana bisa dijadikan produk lokal kerajinan daerah. 


fokusliputan.com/Beta Simatupang