Bandar Udara Dr FL Tobing Tapteng, “Sterilisasi Dengan Menggunakan Virus Removal Chamber”

fokusliputan.com_Tapanuli Tengah 

Sehubungan dengan Surat Edaran Menteri Perhubungan No. 4 tahun 2020 tentang penanganan penyebaran Virus Corona (VC) , Bandar Udara Dr. FL. Tobing di Tapanuli Tengah Sumatera Utara, berupanya melakukan langkah – langkah untuk penanganan penyebaran virus corona (VC) baik terhadap pegawai, personil karyawan di bandara maupun para Pengguna Jasa Angkutan Udara, diantaranya dengan pengaturan kehadiran pegawai dikantor. (26/03/2020)


Melakukan pengamanan mandiri untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19. Berkoordinasi dengan pihak terkait dalam rangka penyediaan sarana dan prasarana layanan transportasi yang steril dan sehat. Meningkatkan kebersihan prasarana layanan umum. Melaksanakan langkah – langkah antisipasi dan penanganan penyebaran COVID-19. Melakukan deteksi dini berupa pengecekan suhu tubuh menggunakan Thermal Scanner kepada penumpang datang ataupun yang akan berangkat. Menghimbau penggunaan masker bagi personil yang bertugas. 


Membuat social distance berupa marka – marka di titik – titik kemungkinan terjadi penumpukan orang/pengguna jasa di area gedung terminal. Melakukan brifing – brifing berkelanjutan kepada seluruh personil bandara atau perusahaan penerbangan terkait penanganan dan pengendalian COVID-19 dan meningkatkan budaya hidup bersih dan sehat. 

Sehubungan dengan pencegahan, pengamanan dan pengendalian COVID-19 ini, Bandar Udara Dr. FL. Tobing Tapteng bekerja sama dengan pihak terkait (Tim Gabungan Puskesmas Pinangsori kabupaten Tapanuli Tengah, Polsek Pinangsori Tapteng, Koramil Pinangsori, Lanal Sibolga dan stake holder), melakukan penyemprotan Desinfektan di seluruh area fasilitas gedung terminal, kantin bandara, ATM, Mesjid bandara, gedung operasional perkantoran. 



Kepala Kantor UPBU Dr. FL. Tobing – Tapanuli Tengah Farel TL. Tobing, ST, MT mengatakan bahwa kegiatan yang telah dilakukan di bandara dengan bantuan pihak TIM Gabungan penanganan, pencegahan dan pengendalian COVID-19 di wilayah Tapanuli Tengah, bertujuan untuk memastikan kebersihan fasilitas – fasilitas di bandara bersih dari kuman – kuman termasuk COVID-19 ini, sehingga memberikan kenyamanan bagi para personil yang bertugas untuk melayani pengguna jasa angkutan udara di bandar udara Dr. FL. Tobing – Tapanuli Tengah. Selain melakukan pemeriksaan penumpang yang datang dan berangkat. 


Selanjutnya,  penyemprotan area terminal dan area lainnya yang dianggap rawan, akan diupayakan untuk dilakukan penyemprotan setiap hari selesai jam operasional penerbangan. 

Kita telah bekerjasama dengan pihak Puskesmas Pinangsori untuk penyediaan bahan obat untuk desinfektan-nya, mudah – mudahan langkah –langkah yang akan diambil ini dapat mencegah terhadap penularan virus atau kuman lainnya, ujar Kepala Kantor UPBU Dr. FL. Tobing – Tapanuli Tengah Farel TL. Tobing, ST, MT. Mari kita Doakan agar pandemi wabah COVID-19 ini segera berakhir. 

"Budayakan hidup bersih, sehat, mandiri dan selalu mencuci tangan setelah melakukan aktivitas dimana saja, apabila ada gangguan kesehatan seperti demam, batuk, pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan, letih dan lesu segera melapor atau melakukan pemeriksaan ke Puskesmas terdekat agar dapat dilakukan pencegahan/tindakan dini. "

Masih dalam rangka pencegahan, penanganan dan pengendalian COVID – 19 di Bandar Udara Dr. FL. Tobing – Tapanuli Tengah. Terhitung mulai hari ini, telah dilaksanakan langkah tambahan pencegahan terhadap penumpang yang datang dengan melakukan penyemprotan body penumpang untuk sterilisasi dengan menggunakan Virus Removal Chamber. "Kegiatan hari ini dan 2 (dua) minggu kedepan di Bandara Dr Ferdinand L Tobing. Pengecekan suhu tubuh dengan alat infrared thermo scanner", ujar Kepala Kantor UPBU Dr. FL Tobing Tapanuli Tengah Farel Tobing kepada fokusliputan.com. (26/03/2020)

Semoga langkah tambahan dari langkah – langkah sebelumnya yang telah dilaksanakan dapat meminimalisir / mencegah penularan COVID - 19 dari pengguna jasa angkutan udara yang datang melalui Bandar Udara Dr. FL. Tobing – Tapanuli Tengah.

Sterilisasi Di Bandar Udara Dr Fl Tobing 
Tapanuli Tengah Sumatera Utara.
posted by : Beta Simatupang









www.fokusliputan.com