Bripka Hadi Sitanggang Yang Membangun Rumah Belajar Anak, “Tampil Sebagai Narasumber Rakornas Perpustakaan Nasional RI”

fokusliputan.com_Jakarta

Acara Rakornas Perpustakaan Nasional Republik indonesia yang diadakan di Hotel Bidakara Jakarta dihadiri dan dibuka langsung oleh Bapak Menteri Dalam Negeri Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.d. 



“Bahwa pentingnya literasi bagi anak-anak Indonesia untuk menuju program pemerintah yaitu SDM Unggul Indonesia Maju dan mengapresiasi seluruh pegiat literasi di seluruh Indonesia yang sudah mengabdikan dirinya dengan sukarela untuk memberikan akses bacaan bagi masyarakat dan anak-anak di pelosok tanah air.” 

Pada hari Selasa tanggal 25 Februari 2020, mulai pukul 10.00 wib Bhabinkamtibmas Bripka Hadi Sitanggang menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) bidang Perpustakaan 2020 yang dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Bapak Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.d,  yang bertempat di Hotel Bidakara Jakarta selatan. Pembukaan Rakornas ini ditandai dengan pemukulan Gong oleh Mendagri  didampingi Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando. 

Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando meminta salah seorang Personil Polres Sibolga Bripka Hadi Hamonangan Sitanggang  sebagai narasumber memaparkan tentang LITERASI UNTUK MENCERDASKAN GENERASI BANGSA yaitu Program Rumah Belajar Indonesia Polres Sibolga  yaitu rumah belajar yang memberikan pendidikan Bahasa Inggris, dan Ilmu Komputer kepada anak-anak miskin dan anak yatim piatu tanpa dipungut biaya. 

Program Rumah Belajar tersebut sudah dibangun mulai bulan April 2016 hingga sekarang , dan berlokasi di Komplek Mako Polres Sibolga tersebut sudah mampu menjadikan anak-anak lebih pintar dibidang teknologi dan bahkan saat ini anak-anak yang masih berusia  09-12 tahun tersebut sudah mampu menciptakan beberapa alat elektronik yaitu alat Dispenser otomatis dan alat sensor anti kebakaran berbiaya murah. 



baca juga : http://www.fokusliputan.com/2019/12/panglima-tni-memberikan-penghargaan.html

Bripka Hadi Hamonangan  Sitanggang menjelaskan bahwa Program Rumah Belajar Indonesia Polres Sibolga ini bertujuan  mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Manfaat Yang Besar dari Pelajaran Ekstrakurikuler yang diberikan oleh sekolah yaitu bahasa Inggris dan Komputer, dengan jumlah Siswa/Siswi sampai saat ini ialah Siswa Sekolah Dasar 48 Anak dan Siswa SMP 12 Anak yang kebanyakan dari Keluarga susah (kurang mampu) dan Yatim Piatu. 

Selain itu, "Rumah Belajar Indonesia Polres Sibolga juga telah memiliki Sarana Dan Prasarana dalam mendukung Proses Belajar Mengajar Kepada Anak-Anak antara Lain : (1) 14 Unit Komputer.,(2). Perpustakaan Yang Berisi Ribuan Buku Dan Kamus Bahasa Inggris. (3). White Board/Papan Tulis Putih. (4). Serta Ruangan Belajar/Mengajar Yang Memadai. 

Selanjutnya, Bripka Hadi Sitanggang dibantu oleh empat orang Volunter/Mahasiswa Sastra Inggris Dan Komputer yang secara sukarela (tanpa digaji) membantu berjalannya aktifitas pelajaran dan menyisihkan waktunya memberi pelajaran. Keempat rekan adalah Nofi Kristanti Ndruru, Erwin Prasaja Putra, Tuan Muda Prawira Sanjaya Hutasoit Dan Mery Julianti Saragih. 

Sebelum penutupan, Kepala Perpustakaan Nasional Indonesia menyampaikan peningkatan budaya literasi, inovasi dan kreativitas merupakan Kegiatan Prioritas Nasional yang dituangkan dalan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020- 2024 dan diharapkan mampu mewujudkan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam menyongsong era keterbukaan dan menyongsong bonus demografi 2035 serta mengintegrasikan, dan mensinkronisasikan pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca antara pemangku kepentingan pembangunan perpustakaan lintas pusat dan daerah.


fokusliputan.com/Beta Simatupang